Lagi, Pria Hong Kong Beli Jamur Truffle Putih Rp 1,4 Miliar!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Nov 2018 10:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jamur truffle terkenal mahal terlebih untuk yang jenis langka. Tak heran, jamur truffle putih ini bisa laku hingga Rp 1,4 miliar.

Pelelangan jamur truffle di Italia selalu menarik perhatian. Yang terbaru, dalam lelang truffle tahunan di wilayah Alba pada Minggu (11/11), 850 gram truffle putih langka terjual seharga 85.000 euros atau sekitar Rp 1,4 miliar!

Dikutip dari AFP (12/11), pembeli truffle putih itu adalah seseorang dari Hong Kong yang tidak mau diketahui identitasnya. Ia rela membayar 30 kali lipat lebih mahal dari harga truffle umumnya di pasaran. Tahun lalu seorang pria asal Hong Kong juga berani membayar truffle putih senilai Rp 1,2 miliar.

Lagi, Pria Hong Kong Beli Jamur Truffle Putih Rp 1,4 Miliar!Foto: AFP

Baca Juga: Pria Asal Hong Kong Ini Berhasil Beli Jamur Truffle Putih Seharga Rp 1,2 Miliar

"Harga truffle luar biasa ini tidak menyesuaikan harga pasar, yang tahun ini berkisar 350 euro (Rp 5,8 juta) untuk 100 gram truffle," kata juru bicara acara pelelangan ini. Seperti diketahui, truffle putih terjual 100 euro (Rp 1,6 juta) untuk tiap 1 gram-nya.

Rupanya ada alasan kenapa truffle ini terjual mahal. Selain langka, pelelangan truffle tahun ini juga untuk tujuan amal.

Adapun truffle putih dari wilayah Alba sangat dicari. Truffle ini digali antara 21 September hingga 31 Januari. Tahun ini kabarnya hasil panen truffle sangat bagus, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

"Tahun lalu, karena kekeringan yang mendorong panen lemah, kami harus menjual 600-700 euro per 100 gram. Tahun ini kami bisa menjual 250 hingga 350 euro untuk bongkahan truffle seberat 20 gram," ujar Antonio Degiacomi, Kepala Pusat Kajian Truffle Nasional Italia.

Lagi, Pria Hong Kong Beli Jamur Truffle Putih Rp 1,4 Miliar!Foto: AFP/Istimewa

Degiacomi mengatakan hujan dan badai pada Juli Agustus tahun ini telah menyediakan banyak air yang sempurna untuk truffle. "Hal ini ditandai dengan aroma truffle yang intens, memunculkan aroma hutan dan alam. Ini sangat menggugah," lanjut Degiacomi.

Lelang truffle tahunan di Alba ini ini sudah memasuki tahun ke-88. Dibarengi pameran truffle yang biasanya berlangsung sekitar 2 bulan.

Baca Juga: Spesies Jamur Truffle Putih Ditemukan di Asia Tenggara, Ini Lokasinya

(adr/odi)