Pangeran Philip Panen Jamur Truffle 'Black Diamonds' Berharga Fantastis

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 02 Jan 2019 14:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pangeran Philip jadi orang pertama di Inggris yang berhasil menanam black truffle. Jamur liar berharga fantastis itu dikenal dengan sebutan 'black diamonds'.

Keluarga kerajaan Inggris akhirnya berhasil memanen jamur truffle hitam yang ditanam dalam 'truffiere' organik Philip di perkebunan Queen wilayah Sandringham, Norfolk.

Jamur truffle merupakan jamur yang paling mahal dari semua jenis jamur d dunia. Hidangan yang memakai jamur truffle hitam pasti dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Jamur ini bahkan dijual dengan harga per iris atau per gram seperti emas.

Pangeran Philip Panen Jamur Truffle 'Black Diamonds' Berharga FantastisFoto: Istimewa
Jamur truffle juga tergolong tumbuhan liar yang tumbuh alami di dalam tanah di akar pohon.Penanaman jamur ini pun tidak mudah. Tak semua akar pohon juga bisa ditumbuhi danmenghasilkan jamur truffle, ditambah lagi kandungan tanah yang berbeda. Jamur truffle biasanya tumbuh secara alami di dalam tanah di akar pohon ek sehingga tak bisa dilihat dari luar.

Karenanya produksi jamur truffle tidak bisa diprediksi. Meski begitu, Pangeran Philip tetap yakin kalau jamur truffle hitam yang ia tanam akan tumbuh dengan baik. Keyakinan itu ternyata membuahkan hasil.

Baca juga: Mengapa Jamur Truffle Mahal Harganya?

Pangeran Philip Panen Jamur Truffle 'Black Diamonds' Berharga FantastisFoto: Istimewa
Ia berhasil menanam jamur truffle hitam langka yang dijuluki sebagai 'black diamond'. Daily Mail (30/12) melaporkan kalau jamur liar itu dijual hampir £ 1.000 (Rp 18.4 juta) per setengah kilogram atau 500 gram.

Awalnya, Duke of Edinburgh membeli sebanyak 5.000 pohon yang diresapi truffle di tahun 2006. Ia memutuskan untuk menanam jamur truffle karena tanah di wilayah Sandringham mengandung alkali yang cocok untuk menanam jamur truffle.

Kemudian di tahun 2010, Pangeran Philip melatih seekor anjing yang bisa mengendus keberadaan jamur truffle. Sayangnya, saat itu belum ditemukan jamur truffle di perkebunannya. Kabarnya, jamur itu memang baru akan panen di tahun 2021.

Pangeran Philip Panen Jamur Truffle 'Black Diamonds' Berharga FantastisFoto: Istimewa
Tapi begitu Philip memeriksa kebun 'truffière' miliknya sebelum Natal, ia mendapati jamur black truffle.

Direktur Truffle UK, Adrian Cole menuturkan bahwa Duke sukses menanam black truffle berkualitas. "Mayoritas adalah truffle hitam Périgord Prancis, terbaik yang bisa Anda dapat," ujarnya.

Pangeran Philip menanam lebih dari 300 anakan yang diresapi dengan spora truffle di Royal Fruit Farm, tempat ia membudidayakan apel, gooseberry dan blackcurrant.

Pangeran Philip Panen Jamur Truffle 'Black Diamonds' Berharga FantastisFoto: Getty Images
Tujuan Pangeran Philip untuk menanam jamur ini ialah untuk dinikmati keluarga kerajaan. "Dari informasi yang saya dapat, tidak ada (jamur) yang dijual," jelas Cole.

Cole juga percaya kalau Sandringham jadi tempat pertama yang berhasil memanen jamur truffle hitam di Inggris. Sayangnya, tak ada yang tahu ukuran black truffle yang dipanen di kebun milik Pangeran Philip.

Baca juga: Wah, Black Truffle Ternyata Punya Senyawa Sama dengan Ganja (dwa/odi)