5 Makanan yang Disukai Dewa Ganesha dan Alasan Menariknya

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 15 Nov 2019 10:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Ganesha memiliki sebutan 'Modapriya' atau penggemar modak. Modak sendiri merupakan hidangan pangsit manis, yang diisi dengan kelapa, dan gula merah. Hidangan ini cukup populer hingga sekarang, dan jadi salah satu makanan yang paling disukai Ganesha.

Kisah bermula dari beberapa orang yang mampir ke gunung Kailash, dan memberikan hadiah modak ke Parvati, ibu dari dari Ganesha. Parvati meminta para putranya Ganesha dan Kartik, untuk membagi makanan ini dengan adil.

Namun Ganesha dan Kartik ternyata tak mau melakukan hal itu. Sehingga Parvati membuat sebuah kuis, di mana bagi mereka yang bisa mengelilingi dua sebanyak tiga kali dalam waktu tercepat. Bisa menikmati hidangan manis ini. Kartik langsung mengelilingi dunia.

Namun, berbeda dengan Ganesha yang hanya mengelilingi kedua orangtuanya sebanyak tiga kali. Untuk membuktikan bahwa bagi Ganesha, orangtuanya merupakan dunia baginya. Karena hal ini lah, Parvati memberikan modak kepada Ganesha. Hingga makanan manis ini selalu berkaitan dengannya.

(sob/odi)