Madu, Makanan Tertua di Dunia yang Sarat Nutrisi

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Apr 2019 17:10 WIB
Foto: istock Foto: istock
Jakarta - Madu sudah lama dikenal sebagai makanan yang spesial. Bahan alami ini memiliki rasa manis enak, punya banyak khasiat serta dikenal sebagai makanan yang tak bisa basi.

Sebagai makanan alami, madu tercatat sebagai salah satu makanan tertua di dunia. Madu juga banyak dipuji karena memiliki masa simpan yang sangat panjang, bahkan terbilang makanan abadi yang tak bisa basi.

Dikabarkan FoodBeast (5/4) beberapa orang bahkan menyebut madu sebagai nektar para Dewa. Lebah madu diketahui sudah ada sejak 158 juta tahun lalu. Catatan sejarah juga banyak membahas seputar lebah dan madu.
Madu Makanan Tertua di Dunia yang Sarat NutrisiFoto: istock

Baca juga : Bisa Jadi Madu yang Anda Minum Palsu, Kenali Ciri-ciri Madu Ini

Lebah dan madu bahkan terukir di dinding-dinding piramida Mesir Kuno, bahkan dalam kitab suci juga turut disebutkan madu. Termasuk dalam sebuah lukisan Spanyol yang berusia ribuan tahun, lebah dan madu seolah sudah populer sejak dahulu.

Madu memiliki beberapa keunggulan, seperti sifat asam, memiliki keseimbangan pH serta mengandung kadar air yang rendah. Beberapa sifat madu ini membuatnya menjadi satu-satunya makanan tanpa tanggal kadaluarsa di bumi. Dalam kata lain, madu adalah makanan abadi yang tidak akan bisa basi atau busuk meski disimpan lama.

Untuk menghasilkan satu sendok teh madu, ribuan lebah setidaknya harus menyadap sari bunga sebanyak 5.000 kali. Lebah madu akan mengambil nektar dari buah atau bunga dan menyimpannya dalam perut. Nektar ini yang kemudian dikumpulkan dalam celah-celah lubang sarangnya.
Madu Makanan Tertua di Dunia yang Sarat NutrisiFoto: istock

Baca juga : Padukan Madu dengan 8 Bahan Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badan (1)

Lebah memiliki enzim dalam perutnya yang bisa mengubah nektar menjadi gula alami sejenis glukosa. Sayap-sayap lebah berfungsi menurunkan suhu untuk mendinginkan nektar dan menguapkan kandungan airnya.

Bukan hanya bagus digunakan sebagai pemanis, madu juga termasuk antibiotik terbaik di dunia. Madu alami mengandung probiotik altif yang bisa memecah bakteri jahat di dalam usus sehingga pH tubuh bisa dinetralkan secara alami.

Madu dikenal juga dengan berbagai khasiatnya antara lain untuk meningkatkan kadar gula darah, meredakan sakit tenggorokan dan menangkal berbagai penyakit kalau dikonsumsi setiap hari. Madu juga kerap diandalkan sebagai bahan tambahan para pelaku diet.

(dvs/odi)