Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi Sesajen

Riska Fitria - detikFood Senin, 02 Sep 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Sesajen banyak dikaitkan dengan cerita mistis. Dalam sesajen biasanya diisi dengan berbagai makanan dan minuman yang memiliki makna tersendiri.

Sesajen atau sesaji dapat dikatakan sebagai bentuk persembahan kepada leluhur, dewa, arwah nenek moyang hingga dipercaya bisa menangkal makhluk mistis. Sesajen juga sering dikaitkan dengan kisah mistis seperti yang baru-baru ini viral dengan judul 'KKN Desa Penari'.

Dalam cerita tersebut dijelaskan bahwa dalam suatu desa banyak terdapat sesajen yang diletakkan ditempat-tempat tertentu. Biasanya berisi berbagai makanan, seperti berikut:

1. Ayam Cemani
Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi SesajenFoto: Duniabinatang.net

Ayam Cemani merupakan salah satu jenis ayam buras atau kampung yang memiliki warna hitam hampir di seluruh bagian tubuh. Mulai dari kepala, bulu hingga daging dan tulangnya. Bahkan beberapa ayam jenis ini memiliki darah yang berwarna hitam.

Konon ayam hitam tersebut sangat disukai oleh setan dan bangsa jin, karenanya banyak dijadikan sesajen. Selain itu ayam cemani juga dipercaya dapat memperoleh ilmu sakti, keberuntungan hingga penangkal sihir.

2. Pisang
Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi SesajenFoto : iStock

Buah pisang yang jadi favorit banyak orang ini juga sering dijadikan sesajen. Menurut leluhur, pisang merupakan buah yang sangat dihormati, terlebih bagi umat hindu. Itu karena buah pisang memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan itu ada pada pohonnya yang dikatanya tidak akan mati sebelum menghasilkan buah. Dalam hal ini, pisang dikaitkan sebagai simbol kemakmuran. Biasanya buah pisang yang dipilih adalah jenis pisang mas.

Baca Juga : Hii! Pohon Nangka hingga Pohon Sawo, Jadi Mitos Tempat Tinggal Hantu

3. Apel
Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi SesajenFoto: iStock

Jika Anda menyadari, buah apel adalah jenis buah yang selalu ada dalam wadah sesajen. Terutama pada upacara keagamaan di Bali dan perayaan Imlek.

Penggunaan apel karena buah segar tersebut dipercaya dapat memberikan keselamatan dari tahun ke tahun. Jenis apel yang digunakan juga beragam, mulai dari apel fuji, apel hijau, apel merah hingga apel manalagi.

4. Kelapa
Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi SesajenFoto : iStock

Filosofi dari buah kelapa adalah sebagai perlambangan kehidupan yang makmur dan sejahtera. Itu karena hampir semua bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan hidup.

Mulai dari daun, batang, akar, buah, hingga batok kelapanya pun berguna untuk kelangsungan hidup. Karenanya buah ini banyak dipakai untuk sesajen dengan harapan dapat dapat memberikan kehidupan yang makmur.

5. Kopi Hitam
Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi SesajenFoto : Instagram @mbaurekso

Kopi jadi minuman yang rutin diminum oleh leluhur pada jaman dahulu. Karenanya kopi juga jadi salah satu minuman yang ikut dipakai untuk sesajen.

Berdasarkan keyakinan masyarakat, kopi tersebut dihidangkan untuk para arwah leluhur yang pulang untuk mengunjungi keluarganya yang masih hidup. Kopi yang digunakan adalah kopi hitam pekat.

Baca Juga : Baca Juga : Jangan Baca Sendirian! Kisah Hantu Pesan Makanan Ini Bikin Merinding

Simak Video "Menikmati Legitnya Durian Mentega dari Lereng Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com