Makanan Super Pedas

Asli Indonesia! Ada Penyetan Surabaya hingga Rica Manado yang Pedas Mantap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Sep 2019 19:10 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Jakarta - Meski banyak makanan pedas kekinian, nyatanya cita rasa pedas juga melekat pada makanan tradisional Indonesia. Mulai dari Surabaya hingga Manado.

Makanan pedas begitu lekat dengan orang Indonesia. Buktinya banyak orang di sini tak selera makan kalau hidangannya tidak pedas. Ditilik dari sejarahnya, cabai sebagai bahan utama makanan pedas ternyata sudah ada ratusan tahun lamanya di Indonesia.

Konon bangsa Portugis pertama kali membawa cabai dari Meksiko ke Indonesia bersama rempah-rempah lain di tahun 1512. Seiring waktu, cabai ditanam dan dikonsumsi masyarat Jawa sebagai bumbu masakan dan obat pada abad 19 dan 20.

Cabai juga menyebar ke banyak daerah lain di Indonesia. Ada banyak jenis cabai khas yang bikin pencinta pedas memburunya. Sebut saja cabe gendot yang populer di Dieng, Jawa Tengah dan cabai domba yang umum ditemui di Jawa Barat.

Tak heran, banyak daerah di Indonesia memiliki hidangan pedas khas sejak dulu. Mulai dari Surabaya yang terkenal dengan menu penyetan sampai Manado yang punya menu rica-rica. detikFood merangkum informasinya seperti berikut. (adr/odi)
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com