Mampir ke Kota Pahlawan, Jangan Lupa Coba 5 Warung Penyetan Pedas Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 10 Nov 2017 18:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Suka sajian pedas? Di kota Pahlawan terkenal dengan penyetan plus sambal super pedas. Lauk komplet makin sedap dipadu dengan sambal dan nasi hangat. Monggo dicoba!

Surabaya memang surganya penyetan atau sego sambel. Tidak melulu disajikan dengan lauk tempe penyet atau ayam penyet, akan tetapi di setiap warung penyetan menyajikan beragam lauk lainnya seperti ikan lele, telur dadar hingga iwak pe. Semua lauk yang dipesan disajikan dengan nasi dan sambal yang langsung diambil dari cobek.

Kalau Anda sedang berada di Surabaya, jangan lupa ya mampir ke 5 warung penyetan ini.

Baca juga: Puedes Poll! Bebek, Mie Sampai Sego Sambel yang Sedap di Surabaya

1. Penyetan Mak Yeye

Mampir ke Kota Pahlawan, Jangan Lupa Coba 5 Warung Penyetan Pedas Ini!Sego sambel Mak Yeye yang legendaris dari kota pahlawan. Foto: Istimewa

Sudah berdiri sejak tahun 1982 silam, sego sambel Mak Yeye ini masih jadi buruan warga Surabaya. Lokasinya ada di Jalan Jagir Wonokromo, Wetan, Surabaya. Meski banyak lauk yang disajikan, akan tetapi penyetan ini terkenal dengan menu sego sambel iwak pe nya. Nasi yang dipadu dengan sambal memang sangat enak dinikmati bersama dengan iwak pe atau ikan pari asap.

Sambalnya dibuat langsung dengan campuran tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, garam dan terasi. Jika sedang ada di Surabaya, Anda bisa mampir ke Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Surabaya. Buka pukul 9 malam hingga 4 pagi.

2. Penyetan Gito

Aduh sedapnya penyetan dengan paduan ayam dan petai goreng.Aduh sedapnya penyetan dengan paduan ayam dan petai goreng. Foto: Diary Sivika

Berbeda dengan sego sambel lainnya, penyetan Gito ini juga terkenal di Surabaya. Kalau di warung penyetan hanya disajikan lauk dan sambal, di sini pak Gito menyajikan bumbu kuning dengan sensasi rasa gurih mantap. Nasi putih makin enak dinikmati bersama dengan bebek goreng, tempe goreng hingga lalapan segar. Jangan lupa juga nikmati sambal dengan petai goreng yang sedap!

Nikmati nasi hangat dengan paduan sambal yang pedas nikmat. Mau coba? Langsung saja datang ke Jalan Kedung Doro (Seberang Mitra 10) Buka mulai jam 6 sore hingga habis.

3. Penyetan Ning Tati

Mampir ke Kota Pahlawan, Jangan Lupa Coba 5 Warung Penyetan Pedas Ini!Tahu dan tempe juga enak dipadu dengan sambal. Foto: Istimewa

Uenak tenan, racikan penyetan di warung ini. Rahasianya ada di sambalnya yang diulek bersama dengan daun kemangi. Ayam goreng dan tempe yang dipenyet kemudian disajikan bersama dengan sambalnya. Anda bisa juga meminta tingkat kepedasan sambal. Huah mantap!

Tertarik mencoba? Anda bisa mampir ke Penyetan Ning Tati yang berada di Jalan Hr. Muhammad No. 5, Surabaya.

4. Penyetan Cok

Aneka lauk yang dipadu dengan ragam sambal pedas.Aneka lauk yang dipadu dengan ragam sambal pedas. Foto: Istimewa

Tidak hanya malam hari, warung penyetan yang satu ini buka dari siang. Memiliki banyak cabang, penyetan cok punya lauk beragam. Mulai dari kulit ayam, daging sapi suwir, ayam goreng, ikan goreng, usus hingga wader. Sambalnya juga bisa Anda pilih sesuai selera lho. Ada sambel santan, sambel ijo, sambel teri, sambel tempe, sambel korek, sambel belut, hingga sambel pencit.

Penyetan Cok ada di Jalan Kranggan Gg. V No. 28, Surabaya.

5. Sego Sambal Mbak Noer

Sego sambal khas Surabaya.Sego sambal khas Surabaya. Foto: Istimewa

Kalau lapar di malam hari langsung saja datang ke sini. Selain tempe penyet, Anda juga dapat menikmati telur, ikan lele, mujair, bandeng, dorang, iwak pe, ampela, ayam dan bebek. Akan tetapi menu andalannya adlaah sego sambal dengan tambahan ikan dorang. Sambal yang diulek langsung ditempat makin sedap nikmati dengan nasi hangat dan lauk pauknya.

Sangking ramainya, warung ini dalam sehari bisa menghabiskan puluhan kilo cabai. Buka dari jam 7 pagi hingga 2 dini hari warung ini ada di Jalan Jagir Wonokromo No. 120, Surabaya.

Baca juga: Palupi Barata: Uenaake Rek! Bebek Goreng Renyah Dicocol Sambal Pencit (lus/lus)