Keren! Kafe Facebook Ini Tawarkan Layanan Cek Privasi Akun Anda

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 24 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Facebook membuka kafe di Inggris dengan tujuan khusus. Sambil bersantai, pengunjung bisa mengecek privasi atau keamanan akun Facebook mereka.

Kafe Facebook rencananya hadir di dalam The Attendant on Great Eastern Street, London pada 28-29 Agustus mendatang. Kafe juga rencananya buka di beberapa wilayah lain di Inggris termasuk Union Brew Lab Coffee Bar di Edinburgh.

Dikutip dari Metro (16/8), Steve Hatch selaku VP Facebook Eropa Utara mengatakan, "Adalah hal normal mengkhawatirkan siapa saja yang bisa melihat unggahan Anda di media sosial, tapi tak semua orang tahu apa yang mereka bisa lakukan."

Keren! Kafe Facebook Ini Tawarkan Layanan Cek Privasi Akun AndaFoto: Istimewa
Baca Juga: Ini Alasan Kantor Baru Facebook Tidak Menyediakan Makanan Gratis

Karenanya Facebook merasa perlu memberi edukasi soal kebijakan pengamanan akun Facebook untuk tiap penggunanya. Salah satu cara menariknya adalah dengan menghadirkan kafe pop-up.

"Di kafe kami, Anda bisa mendapat bantuan dan saran tentang cara mengubah pengaturan privasi Anda. Dan tentu saja membuat secangkir kopi," lanjut Steve.

Kabarnya minuman akan diberi gratis saat pengunjung bersedia mendapat layanan 'privacy checkups' ini. Tujuan utamanya adalah bantu memverifikasi apakah seseorang terlalu banyak membagi informasi pada orang lain atau tidak.

Keren! Kafe Facebook Ini Tawarkan Layanan Cek Privasi Akun AndaFoto: Reuters

Awal tahun ini pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memang memiliki visi yang fokus pada privasi. Pihaknya mendorong orang-orang untuk melakukan percakapan terenkripsi yang tidak bisa dibaca oleh Facebook maupun orang asing lainnya.

Inisiatif unik Facebook ini rupanya bukan kali pertama. Sebelumnya di Jepang juga hadir kafe Facebook dengan tujuan serupa. Kafe ini sekaligus menandai momen istimewa ulang tahun ke 11 Facebook pada Mei lalu.

Keren! Kafe Facebook Ini Tawarkan Layanan Cek Privasi Akun AndaFoto: Istimewa
Kafe dibuat semenarik mungkin dengan desain chic dan stylish. Interiornya juga terkesan hangat dengan pemakaian serba kayu. Di dalamnya pengunjung bisa mendapat pancake gratis dengan emoji menggemaskan.

Syaratnya pengunjung harus isi kuesioner dulu. Ada 5 pertanyaan yang bisa dijawab dengan pilihan "ya" dan "tidak". Pertanyaan ini seputar kebijakan keamanan dan privasi Facebook serta Instagram.

Baca Juga: Gemasnya Cicip Menu Pancake Emoji di Kafe Resmi Milik Facebook


Simak Video "Mencoba Lembutnya Kopi Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)