Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih

Devi Setya - detikFood Minggu, 18 Agu 2019 06:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari. Lantas kapan waktu paling tepat minum air?

Jika tubuh terhidrasi dengan cukup maka metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik, demikian juga soal kesehatan dan fungsi kognitif. Mengonsumsi air putih yang cukup juga menghindari beberapa masalah kesehatan mulai dari sembelit hingga gejala stroke.

Menurut Merry Widiastuti selaku Product Officer Tupperware Indonesia, ada beberapa cara termudah untuk terbiasa minum air putih. Lewat kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat tubuh mendapatkan asupan air yang cukup.

1. Bangun Tidur
Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih Foto: Freepik

Segera penuhi asupan cairan dengan minum air putih ketika bangun tidur. Segelas air putih di pagi hari membantu membangkitkan sel-sel dalam tubuh untuk segera siap beraktivitas.

Dengan mengonsumsi segelas air putih juga membantu tubuh mengeluarkan radikal bebas dan racun dari kalori yang terbakar saat metabolisme tubuh semalam. Jumlah yang disarankan yakni sekitar 250-300 ml air putih.

Baca juga : Apakah Harus Minum Air Putih Segera Setelah Makan?

2. Sebelum dan sesudah makan
Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih Foto: iStock

Minum segelas air putih sebelum makan membantu tubuh merasa lebih kenyang. Artinya asupan makanan yang masuk tidak akan terlalu banyak. Minum air putih sebelum makan juga membantu melembabkan lambung sebelum diisi makanan.

Tak hanya sebelum makan, air putih juga wajib diasup saat sudah selesai makan. Selain untuk membilas mulut dan tenggorokan, minum air putih juga membantu organ agar lebih mudah mencerna makanan.

3. Sebelum berolahraga
Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih Foto: iStock

Untuk menghindari dehidrasi saat berolahraga, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih dulu setidaknya satu gelas. Resiko lemas dan cepat lelah saat berolahraga sering terjadi pada orang yang dehidrasi.

Demikian juga ketika selesai olahraga. Tubuh membutuhkan asupan air untuk menjaga kelembaban serta untuk mengganti cairan tubuh yang keluar lewat keringat. Sebagai trik, bawalah selalu botol air saat melakukan olahraga, dengan ini Anda bisa langsung minum ketika merasa lelah dan haus.

4. Sebelum mandi
Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih Foto: iStock

Minum satu gelas air sebelum mandi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Air putih yang diminum harus dalam kondisi hangat. Tujuannya untuk melebarkan pembuluh darah.

Air putih juga mencairkan kadar natrium dalam tubuh, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga : Ini Jumlah Air Putih yang Harus Diminum Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

5. Sebelum Tidur
Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih Foto: Thinkstock

Jika tubuh terhidrasi sebelum tidur, Anda dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini berpengaruh karena saat tubuh mengalami dehidrasi maka penyakit kardiovaskular akan semakin mudah menjangkit.

Jadi minumlah setidaknya satu gelas air putih sebelum tidur. Sediakan juga cadangan air di kamar jika saat tengah malam merasa haus bisa langsung meneguknya.

6. Membawa botol minum sendiri
Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih Foto: istimewa

Kebiasaan membawa botol minum sendiri bisa jadi satu solusi mudah mengontrol waktu minum. Secara tidak langsung hal ini juga membantu menghemat pengeluaran Dengan membawa botol air minum sendiri membuat hidup lebih fleksibel, saat dalam perjalanan tiba-tiba merasa haus, maka tidak perlu repot membeli air minum.

Selain itu dengan membawa botol minum sendiri, kita telah mendukung gerakan mengurangi sampah botol minum sekali pakai. Selain tubuh sehat, kita juga menjaga kelestarian lingkungan.

Tentunya botol yang digunakan harus ramah lingkungan atau eco bottle yang terbuat dari material berkualitas tinggi dan BPA free atau Bisphenol A (bahan kimia untuk mengeraskan plastik) sehingga aman digunakan berkali-kali. Berbeda dengan botol air minum kemasan yang dijual di pasaran, plastik yang digunakan berkualitas paling rendah dan mudah tercemar bakteri.

Simak Video "Dingin dan Creamy-nya Minuman Berbuka Matcha Latte Nangka "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)