Ini Jumlah Air Putih yang Harus Diminum Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Jul 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak minum air putih sangat dipercaya bisa menyehatkan tubuh. Selain itu, juga bisa menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, rutin minum air putih adalah kuncinya. Air mengandung H2O yang berperan membakar lamak dalam tubuh. Namun tahukah Anda berapa banyak air putih yang harus diminum setiap harinya agar dapat bantu menurunkan berat badan?

Berdasarkan penelitian tahun 2004 dari National Academies of Sciences, Engineering and Medicines ditemukan jumlah yang ideal air putih yang harus diminum dalam sehari.

Ini Jumlah Air Putih yang Harus Diminum Untuk Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock


Baca Juga :10 Makanan Enak Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan https://food.detik.com/info-kuliner/d-4599256/10-makanan-enak-ini-bisa-bantu-turunkan-berat-badan

Bagi laki-laki disarankan untuk minum sebanyak 3.7 liter atau setara dengan 15 gelas.Sedangkan untuk wanita 2.7 liter atau setara dengan 11 gelar per hari.

Livestrong (29/06/2019) melaporkan takaran tersebut hingga saat ini masih digunakan sebagai standar yang dipakai oleh Center for Disease Control and Prevention.

Konsumsi air yang cukup penting untuk membantu pembakaran lemak. Saat berolahraga cairan dan racun akan dikeluarkan melalui keringat. Karenanya sangat penting mengomsumsi air sebelum dan setelah berolehraga.

Menurut Havard Health Publishing minum air yang cukup bisa membantu penurunan berat badan. Karena perut akan terasa penuh setelah minum air sehingga bisa mencegah makan berlebihan.

Ini Jumlah Air Putih yang Harus Diminum Untuk Bantu Turunkan Berat BadanFoto: shutterstock


Namun sebenarnya takaran minum air putih untuk setiap orang itu tergantung pada banyak faktor. Seperti tingkat aktivitas, lingkungan, dan pola diet.

Misalnya seorang atlet akan jauh lebih banyak membutuhkan mineral ketimbang dengan pekerja kantoran. Atau saat musim dingin biasanya orang lebih jarang minum, lain halnya dengan musim panas yang memicu orang banyak minum.

Ini Jumlah Air Putih yang Harus Diminum Untuk Bantu Turunkan Berat BadanFoto: istock


Supaya tubuh tetap terhidrasi, sebaiknya selalu siapkan botol minum berisi air di dekat dengan kita. Cairan juga bisa didapat dari konsumsi buah mengandung banyak air seperti semangka dan sayuran hijau. Perhatikan rasa haus Anda, terkadang rasa haus dirasa sebagai rasa lapar. Lebih baik minum air sebelum makan camilan. Hal ini mencegah Anda ngemil berlebihan di antara waktu makan.

Baca Juga : Lebih Cepat Turun Berat Badan Kalau Sarapan Makanan Ini https://food.detik.com/info-sehat/d-4379826/lebih-cepat-turun-berat-badan-kalau-sarapan-makanan-ini

Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)