Olahan Daging Idul Adha

Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban

Devi Setya - detikFood Minggu, 11 Agu 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bosan daging kurban hanya dibuat rendang? Coba olah jadi bakso. Bakso enak dan kenyal makin sedap disajikan dengan kuah kaldu gurih.

Jika dapat banyak daging sapi saat Idul Adha, cobalah mengolahnya jadi bakso. Dengan teknik sederhana, bakso siap jadi suguhan untuk orang-orang tercinta.

Membuat bakso juga tak sulit. Simak tips dan resep lengkap ini sebelum mengolah bakso sapi.

1. Gunakan bagian dagingnya saja
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: dok. detikFood

Bakso yang enak dibuat dari bagian daging saja. Jadi pastikan untuk memisahkan daging, lemak, jeroan dan tulangnya. Boleh saja menambahkan sedikit lemak agar bakso lebih empuk.

Setelah itu, potong-potong daging sapi jadi bagian kecil agar mudah saat digiling. Untuk hasil maksimal, langsung olah daging sapi segar karena daging beku akan merusak tekstur bakso.

Baca juga : Sluurp! Hangat Gurih Bakso yang Kenyal Bisa Dibuat Sendiri

2. Bumbu
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: Zulkipli Natsir

Rasa bakso yang gurih berasal dari bumbu yang ditambahkan dalam adonan. Umumnya, bakso dibuat dengan bumbu bawang putih, bawang merah goreng, merica, garam dan bubuk kaldu. Semua bahan ini dihaluskan sebelum dicampur dalam adonan.

Tambahkan juga bawang putih goreng untuk bakso yang lebih sedap beraroma. Bisa juga berkreasi dengan bumbu lain, misalnya bisa menambahkan bubuk cabai untuk yang suka pedas.

3. Bahan tambahan
Bakso yang enak biasanya terbuat dari 100 persen daging sapi, namun bisa juga mencampur daging sapi dan ayam. Selain itu, ada juga beberapa bahan tambahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso.

Siapkan tepung tapioka dan es batu yang sudah dicacah. Jumlah tepung yang ideal yakni 10 persen dari berat daging. Sementara es batunya gunakan sekitar 250 gram setiap 1 kilogram daging. Es batu ini membuat tekstur bakso kenyal dan garing.

Kalau mau bikin bakso sapi enak, coba cek resep lengkapnya di sini.

4. Campur adonan
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: iStock/detikFood

Jika semua bahan sudah siap, saatnya mencampurkan semua bahan mulai dari daging, bumbu dan bahan pelengkap. Giling dalam food processor hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang liat serta bisa dibentuk.

Setelah tercampur rata, ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bulat-bulat. Bisa manfaatkan sendok untuk mencungkil bakso. Rebus bakso hingga matang.

Baca juga : Bikin Bakso Sapi, Udang dan Ayam Sendiri di Rumah dengan Resep Ini

5. Kuah dan pelengkapnya
Praktis Banget! Tips Cerdas Bikin Bakso Kenyal Pakai Daging Kurban Foto: Istock

Semangkuk bakso kurang lengkap jika disajikan tanpa kuah. Kaldu dari rebusan tulang sapi bisa jadi kuah bakso yang gurih. Tambah bumbu bawang putih, merica dan daun bawang untuk kuah kaldu yang sedap.

Bakso juga makin nikmat disantap hangat dengan berbagai pelengkap mulai dari mie kuning, bihun, tauge dan sawi.

Untuk kuah yang gurih nikmat, bisa cek resep ini.

Simak Video "Mantul! Cobain Bakso Rudal di PMI Bogor yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)