Ragam Bakso Enak

Bikin Sendiri Bakso Sapi Enak dengan Cara Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 14 Nov 2018 10:45 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta -
Bakso sapi bikinan sendiri tentu lebih enak, bersih dan murah. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Tinggal ikuti saja cara pembuatannya berikut ini.

Bakso sapi ada yang dibuat dengan 100% daging sapi tetapi ada juga yang memakai campuran daging ayam, 60% daging sapi dan 40% daging ayam. Tentu saja ini tergantung pada selera.

Berikut ini bahan dan cara pembuatan bakso sapi yang memakai 100% daging sapi dan bumbu lainnya yang mudah disiapkan. Ada baiknya buat sekaligus banyak. Sisa bakso bisa disimpan dalam lemari es atau freezer.

1. Daging Sapi

Bikin Sendiri Bakso Sapi Enak dengan Cara IniFoto: Istock
Pilih daging sapi bagian paha atas yang bersih dari lemak dan otot. Siapkan 1 kg daging sapi bagian paha atas atau has luar. Potong-potong kecil daging sapi.

2. Bumbu

Bikin Sendiri Bakso Sapi Enak dengan Cara IniFoto: Istock
Untuk bumbunya siapkan 2 sdm bawang putih goreng, 1 sdm bawang putih goreng, 1 sdm kaldu ayam bubuk, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt baking powder dan 2 sdt garam. Sebagai bahan pengenyal siapkan 100 g tepung tapiaoka dan 250 g es batu yang dimemarkan kasar atau cube.

3. Haluskan Bahan

Bikin Sendiri Bakso Sapi Enak dengan Cara IniFoto: Istock
Pertama masukkan bawang merah dan bawang putih goreng dalam food processor dan proses hingga halus benar, sedikit bergumpal.

Selanjutnya masukkan daging sapi yang sudah dipotong, tepung tapioka dan bahan bumbu lainnya serta es batu.

Dengan kecepatan sedang, proses seluruh bahan hingga tercampur rata, es meleleh dan daging menjadi adonan yang kental dan bisa dibentuk. Jika tak ada food prcessor bisa diaduk atau diuleni dengan tangan hingga kalis benar.

4. Bentuk Adonan

Bikin Sendiri Bakso Sapi Enak dengan Cara IniFoto: Istock
Siapkan air secukupnya dalam panci dan panaskan hingga hangat-hangat kuku. Selanjutnya dengan memakai tangan dan sendok makan bentuk adonan daging menjadi bola-bola.

Bentuk adonan dengan memakai ibu jari dan telunjuk menjadi bola-bola. Masukkan bola-bola daging ke dalam air hangat dan biarkan terendam hingga adonan daging habis terbentuk menjadi bola-bola bakso.

5.Rebus bakso

Bikin Sendiri Bakso Sapi Enak dengan Cara IniFoto: Istock
Setelah semua adonan terbentuk menjadi bola-bola, rebus bakso hingga mengapung dan matang seluruhnya. Matikan api.

Tiriskan bakso, pindahkan ke dalam baskom berisi air es. Biarkan hingga dingin lalu tiriskan. Bakso sapi siap diolah menjadi bakso kuah atau campuran masakan lainnya. Taruh bola daging dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer.




Tonton juga 'Mantap! Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak