1 dari 4 Pengemudi 'Food Delivery' Ambil Makanan yang Dipesan Konsumen

Riska Fitria - detikFood Selasa, 30 Jul 2019 19:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pesan makanan online jadi kebutuhan di Amerika Serikat. Dari beberapa aplikasi food delivery terungkap kecurangan yang dilakukan para pengemudi pesan antar makanan.

Sebuah penelitian bernama US Foods Study menemukan kecurangan yang biasa dilakukan oleh pengemudi pada jasa layanan makanan pesan antar. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa 1 dari 4 pengemudi mengambil makanan pesanan konsumen sebelum diantar ke tujuan.

Dilansir dari Chron (29/7) hal itu dilakukan oleh pengemudi lantaran lebih dari 50% pengemudi merasa tergoda dengan aroma makanan yang mereka antar. Penelitian yang dilakukan pada bulan Mei tersebut telah melibatkan sebanyak 1.518 orang dewasa di Amerika Serikat untuk mengikuti survei.
1 dari 4 Pengemudi 'Food Delivery' Ambil Makanan yang Dipesan KonsumenFoto: iStock

Peserta yang dipilih merupakan kisaran usia dari 18 hingga 77 tahun dan tentunya yang menggunakan aplikasi pesan antar, seperti Grubhub, Door Dash, UberEats dan Postmates.

Tidak hanya mereka, tetapi juga pihak dari perusahaan makanan dan distributor layanan aplikasi pesan antar sekitar 497 orang yang menggunakan, paling tidak satu aplikasi layanan pesan antar juga terlibat dalam survei tersebut.

Baca Juga : Kini Tersedia Jasa Untuk Habiskan Makanan yang Dipesan Orang Lain

Kurang dari seperempat dari mereka mencurigai makanan yang mereka pesan karena merasa tidak sesuai dengan apa yang dipesan melalui aplikasi. Sekitar 85% dari mereka meminta restoran agar memberi tindakan untuk mengatasi masalah ini.
1 dari 4 Pengemudi 'Food Delivery' Ambil Makanan yang Dipesan KonsumenFoto: iStock

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa keluhan yang paling sering disampaikah oleh pelanggan adalah mengenai pengiriman makanan yang dinilai tidak segar atau tidak hangat.

Di samping itu, sekitar 60% dari pengemudi pengantar makanan merasa tidak puas dengan tip yang diberikan si pemesan, lantaran terlalu sedikit. Dalam penelitian ini menemukan bahwa sedikit atau banyaknya tip yang diberikan oleh pemesan makanan tergantung pada biaya pengiriman dan juga cuaca. Semakin buruk cuaca, berkemungkinan si pemesan memberi tip lebih banyak lagi.
1 dari 4 Pengemudi 'Food Delivery' Ambil Makanan yang Dipesan KonsumenFoto: iStock

Terkadang pengemudi juga mengeluhkan ketika makanan yang dipesan tidak tersedia di restoran, pemesan yang sulit dihubungi hingga pemesan yang terlalu lama untuk mengambil makanan ketika pemudi sudah sampai di tujuan.

Menurut pemesan makanan, rata-rata waktu yang paling lama menerima pesanan adalah 40 menit dari perkiraan waktu pengiriman. Sedangkan 1 dari 4 lainnya pernah menerima makanan lebih dari satu jam lamanya.

Baca Juga : Selamat! India Kini Punya Areo, Aplikasi Pesan Antar Makanan dari Google

Simak Video "Bikin Laper: Rahang Tuna Bakar Sambal Rica-rica"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com