Jadi Alternatif Daging, Nangka Muda Kian Populer di Kalangan Vegetarian

Shara Azzhara - detikFood Rabu, 03 Jul 2019 09:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kepopuleran nangka di negara Barat semakin meningkat. Nangka muda dimanfaatkan sebagai alternatif nabati dari daging karena teksturnya yang mirip.

Nangka tumbuh di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, Brazil dan Afrika. Dikutip dari Today (2/7), nangka muda tergolong sebagai buah, namun tekstur dan konsistensinya sangat mirip dengan daging ayam atau babi. Rasanya nangka terbilang netral ketika masih ranum sehingga cocok dipadukan dengan saus apapun. Teksturnya yang berserat sangat enak jika dikombinasikan dengan gurihnya saus BBQ.

Baca juga : Satu Dunia Satu Cinta: Kreasi Rendang Jamur hingga Sate Kedelai yang Murah Enak

Tidak seperti protein hewani, nangka muda tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, rendah sodium, dan hanya 20 kalori per 2.65 ons penyajian. Nangka muda juga mengandung 3 gram serat dan 110 miligram potasium yang baik bagi kesehatan jantung.

Jadi Alternatif Daging, Nangka Muda Kian Populer di Kalangan VegetarianFoto: iStock

Jika dibandingkan dengan daging sungguhan, protein yang diberikan memang jauh lebih sedikit. 2.65 ons sajian hanya mengandung 1 gram protein, sementara dada ayam mengandung 21 gram protein. Biji nangka muda justru lebih berprotein dibandingkan daging buahnya. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan tepung biji nangka untuk membuat adonan, namun butuh upaya ekstra untuk menemukannya di pasaran.

Anda perlu mengetahui bahwa nangka yang masih muda atau mentah memiliki kulit yang hijau. Saat matang, daging buah nangka berwarna kuning dan dapat dimakan seperti buah lainnya. Namun ketika mentah, daging buah akan berwarna putih dan lebih berserat dengan biji yang besar.

Jadi Alternatif Daging, Nangka Muda Kian Populer di Kalangan VegetarianFoto: iStock

Baca juga : Rutin Konsumsi Nangka Muda, Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Cegah Insomnia

Di swalayan, nangka muda dapat ditemui dalam kemasan kaleng atau dalam kantung plastik yang telah dikupas kulitnya. Jenis inilah yang menarik perhatian para vegetarian untuk menjadikannya alternatif pengganti daging. Daging nangka ini dapat diolah menjadi isian taco, burrito, kari, dan ditumis.

Jadi Alternatif Daging, Nangka Kian Populer di Kalangan VegetarianFoto: Istimewa

Jika Anda membeli nangka yang masih utuh, dibutuhkan usaha ekstra untuk membuka dan membersihkannya. Buah nangka mentah mengandung getah yang lengket dan dapat meninggalkan noda. Sementara nangka di swalayan biasanya dikemas dengan tambahan air atau garam yang harus dibilas terlebih dahulu dengan air sebelum diolah.

Nangka muda dapat diolah sebagai pengganti daging pada rendang atau opor. Selain itu, cobalah menumis nangka muda dengan bawang bombay dan lada untuk dijadikan isian roti pita. Akan lebih istimewa lagi jika nangka muda diolah dengan saus BBQ dan dibentuk menyerupai daging hamburger untuk anak Anda di rumah.

Baca juga : Ini Cara Tepat Mengolah Nangka Muda



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Camilan Keripik Nangka Asal Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)