Ini Cara Tepat Mengolah Nangka Muda

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 25 Jul 2016 14:12 WIB
Foto: detikfood/iStock
Jakarta - Nangka muda enak diolah menjadi gudeg dan sayur gurih. Tetapi ada baiknya perhatikan cara memasaknya agar rasanya sedap.

Nangka muda biasanya dijual dalam bentuk atau potongan. Ada jenis yang merah ada yang hijau. Umumnya dagingnya berwarna putih susu. Pilihlah yang bijinya sudah terlihat tetapi masih lunak. Jika terlalu muda teksturnya akan keras.

Untuk mengupasnya, olesi pisau dengan minyak agar getah nangka tak melekat. Kupas kulitnya hingga bagian hijaunya terangkat. Terlihat hanya bagian yang putih saja. Belah atau potong dua dan buang bagian tengahnya yang keras. Kemudian potong-potong nangka muda dengan ukuran sedang agar tak hancur saat dimasak.

Jika akan dimasak segera, rebus potongan nangka ini dalam panci berisi air mendidih hingga tektur nangka muda lunak. Tambahkan daun salam dan daun jambu biji jika ingin warnanya kemerahan.

Kalau akan disimpan lama, kukus potongan nangka dalam kukusan panas selama 45 menit sampai 1 jam hingga lunak. Angkat dan dinginkan. Tiriskan nangka dan simpan dalam lemari es. Nangka muda bisa disimpan hingga beberapa hari.

Nangka muda teksturnya agak keras dan rasanya hambar. Karena itu perlu diberi bumbu lengkap dan dimasak lama. Ini supaya bumbu meresap. Selain dibuat gudeg, nangka muda enak dibuat sayur megono, gulai, sayur asam, sayur lodeh atau ditumis dengan cabai dan ebi. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com