Rutin Konsumsi Nangka Muda, Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Cegah Insomnia

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 08 Des 2017 14:50 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Buah ini sangat mudah didapat dan sering dijadikan sebagai campuran sayuran. Seratnya yang tinggi dapat bantu Anda turunkan berat badan hingga cegah insomnia!

Masakan tradisional Indonesia banyak menggunakan buah nangka muda sebagai bahan utama. Seperti gudeg khas Jogja hingga gulai nangka khas Minang. Selain daging buah nangka muda, nangka matang serta bijinya pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Rutin Konsumsi Nangka Muda, Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Cegah InsomniaFoto: iStock

Dilansir dari NDTV (5/12) buah nangka mengandung serat yang tinggi, vitamin A, vitamin C dan vitamin B, serta kalium, zat besi, mangan, magnesium, zinc dan fosfor sehingga sangat menyehatkan. Selain itu, biji buah nangka juga kaya akan protein, mineral, dan serat.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari konsumsi buah nangka muda bagi tubuh.

Rutin Konsumsi Nangka Muda, Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Cegah InsomniaFoto: iStock

1. Membantu turunkan berat badan


Buah ini ternyata cocok jadi pilihan bagi Anda yang sedang berdiet. Nangka muda punya serat yang dapat melancarkan pencernaan Anda. Serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah nangka muda juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah nangka muda juga bisa tingkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih, sementara antioksidan bisa mencegah stres dan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh hingga sebabkan peradangan atau berbagai penyakit lainnya.

Rutin Konsumsi Nangka Muda, Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Cegah InsomniaFoto: iStock

3. Mengatur tekanan darah


Kandungan potassium pada nangka sangat banyak. Zat ini dapat membuat darah dan arteri Anda rileks. Hal ini juga membantu turunkan tekanan darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Selain itu juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

4. Menguatkan tulang

Buah ini mengandung kalsium. Kalsium dikenal ampuh untuk menguatkan tulang. Selain itu kandungan vitamin C dan magnesiumnya juga dapat tingkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat menjaga tulang dan gigi tetap kuat.

5. Merawat kesehatan mata dan kulit

Ternyata buah ini kaya akan vitamin A. Vitamin A dapat mengurangi kemungkinan degenerasi makula dan dapat meningkatkan penglihatan mata Anda. Ini juga bisa membuat kulit tetap sehat karena mengandung anti-ageing. Vitamin A juga bisa menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari serta mencegah garis dan keriput pada kulit.

Rutin Konsumsi Nangka Muda, Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Cegah InsomniaFoto: Ilustrasi/thinkstock

6. Baik untuk penderita insomnia


Sulit tidur di malam hari? Baiknya Anda coba konsumsi buah nangka. Baik nangka muda atau buah nangka yang sudah matang kaya akan magnesium. Magnesium merupakan mineral alami yang bisa mengatur tingkat neurotransmitter dalam tubuh. Sehingga Anda dapat tidur dengan baik dan lebih nyenyak.

7. Baik bagi penderita diabetes

Presentase gula alami dan serat pada buah ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini baik bagi penderita diabetes juga bagi Anda karena bisa mengurangi resiko terkena diabetes. Ia dapat mencegah gejala diabetes dengan mengatur pelepasan glukosa dan insulin dalam tubuh serta meningkatkan sensitivitas insulin. (dwa/lus)