4 Ramen Dingin Khas Jepang yang Enak Disantap Saat Cuaca Panas

Shara Azzhara - detikFood Senin, 24 Jun 2019 14:00 WIB
Foto: Gaijinpot Foto: Gaijinpot
Jakarta - Jepang punya ramen dingin yang patut dicicip pencinta ramen. Menyantap ramen ini saat cuaca panas bisa bantu mendinginkan tubuh. Yuk, coba!

Sajian mie terkenal dari Jepang yaitu ramen, ternyata tidak hanya enak dinikmati dengan kuah hangat saja. Mengingat Jepang memiliki musim dingin dan musim panas yang dahsyat, tentu ada pula sajian ramen yang dapat menurunkan suhu tubuh.

Di musim panas ini, sangat pas jika Anda mencoba salah satu dari 4 cold ramen enak dari Jepang. GaijinPot Blog merangkum informasinya seperti berikut (20/6).

Baca juga: Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang

1. Hiyashi chuuka

4 Ramen Dingin Khas Jepang yang Enak Disantap Saat Cuaca PanasFoto: Gaijinpot

Hiyashi chuuka memiliki arti "hidangan China dingin". Hidangan ini pertama kali disajikan pada tahun 1930-an di dua kedai yaitu Yosukou-saikan di Jimbocho, Tokyo dan Ryutei di Sendai, Prefektus Miyagi.

Hidangan ini merupakan cold ramen paling terkenal. Rasa ramen ini lebih ringan, manis, dan sangat cocok untuk musim panas. Kaldu dingin yang digunakan biasanya terdiri dari minyak wijen, saus kedelai, gula, cuka, dan bahkan raiyu (minyak pedas). Toppingnya termasuk mentimun, tauge, ham, telur dadar dan benishouga (jahe merah).

Hiyashi chuuka sangat mudah ditemui di restoran China yang menyajikan mie di seluruh Jepang. Anda dapat mencoba menu ini di restoran berikut:

- Yosuko-saikan
Alamat: 1-11-3 Kanda Jimbocho, Chiyoda-ku, Tokyo

- Ryutei
Alamat: 1-2-10 Nishikicho, Aoba-ku, Sendai-shi, Miyagi-ken

2. Yamagata-style (ice cube ramen)

4 Ramen Dingin Khas Jepang yang Enak Disantap Saat Cuaca PanasFoto: Gaijinpot

Perfektur Yamataga memiliki lebih banyak gerai ramen dibanding daerah lain. Hal ini tidaklah aneh karena suhu di daerah tersebut bisa kurang dari 0 derajat saat musim dingin. Hal mengejutkannya adalah, jenis ramen paling populer di yamataga adalah cold ramen dengan saus kedelai berbasis ikan.

Kepopuleran cold ramen ini didukung temperatur Yamataga yang sangat panas ketika menjumpai musim panas. Bahkan bisa mencapai 30 derajat celcius. Hal ini menjadi alasan dibuatnya ramen dengan bongkahan es di tahun 1952.

Anda dapat mencoba menu ini di restoran berikut:

- Sakaeya
Alamat: 2-3-21 Honcho, Yamagata-shi, Yamagata-ken

- Pour Cafe
Alamat: 1-14-9 Ginza, Chuo-ku, Tokyo

Baca juga: Slurp! 5 Racikan Mie Kuah Ini Gampang Dibuat Sendiri

3. Hiyashi tantanmen

4 Ramen Dingin Khas Jepang yang Enak Disantap Saat Cuaca PanasFoto: Gaijinpot

Tantamen atau yang disebut juga mie Szechuan, mengalami peningkatan popularitas tahun ini. Hidangan asli China ini biasanya dihidangkan dengan sup hangat, namun dimusim tertentu dijadikan ramen dingin. Variasi rasanya dapat berupa pedas berbumbu atau creamy dengan menggunakan pasta wijen. Tak jarang pula makanan ini disajikan dengan rasa pedas dan creamy.

Seperti hiyashi chuuka, tantamen merupakan versi dingin dari hidangan aslinya. Karenanya, menu ini disajikan dengan kuah yang lebih sedikit. Rasa tantanmen tidak semanis chuuka sehingga cocok bagi pecinta rasa gurih.

Anda dapat mencoba menu ini di restoran berikut:

- Menya Nakajima
Alamat: 3−18−7 Shibuya, Shibuya-ku, Tokyo

- Ryuunoko
Alamat: 1-8-5 Jingumae, Shibuya-ku, Tokyo

4. Reimen

4 Ramen Dingin Khas Jepang yang Enak Disantap Saat Cuaca PanasFoto: Gaijinpot

Di Tokyo, terdapat banyak pilihan kedai yang menjual masakan Korea. Hal ini melahirkan adaptasi hidangan mie khas Korea dalam daftar sajian ramen. Tekstur mienya sangat tipis dan lentur dipadukan dengan kaldu dingin dari ayam, sapi, dan lobak korea. Kuah yang disajikan tidak begitu membanjiri mienya, namun terdapat cuka yang disediakan untuk menambahkan. Mie raimen sangatlah panjang dan biasanya gunting digunakan untuk memisahkannya.

Versi pedas dari raimen dikenal dengan nama bibinmen. Mie ini memiliki kaldu yang lebih merah dan memberikan rasa dingin namun sedikit membakar. Tidak lupa kimchi disajikan sebagai topping dari bibinmen. Kecintaan masyarakat Jepang dengan mie Korea ini juga melairkan raimen fersi Jepang. Hidangan ini diciptakan oleh Young Chul Yang dan diberi nama Mirioka raimen. Tekstur mienya lebih tebal dan kenyal dan dilengkapi dengan buah apel, pir, dan semangka untuk toppingnya.

Anda dapat mencoba menu ini di restoran berikut:

- Chongiwa
Alamat: 3-12-7 Akasaka, Minato-ku, Tokyo

- Seiroukaku
Alamat: 15-5 Moriokaekimaedori, Morioka-shi, Iwate-ken

Baca juga : Menya Musashi Bukotsu: Ramen dengan Mie Lembut dan Kuah Gurih!

(adr/adr)