Lihat Perubahan Potongan Roti Jika Didiamkan Selama 16 Hari

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Jun 2019 05:58 WIB
Foto: istock Foto: istock
Jakarta - Sepotong roti memang tak bisa disimpan dalam waktu lama, mikroba dalam roti bisa berkembang menjadi jamur. Jadi kalau punya stok roti, harus segera dihabiskan.

Sebuah chanel Youtube bernama GPhase memperlihatkan perubahan roti yang disimpan selama 16 hari. Permukaan roti secara perlahan akan dipenuhi jamur yang berkembang.
Lihat Perubahan Potongan Roti Jika Didiamkan Selama 16 Hari Foto: youtube

Baca juga : Roti Berjamur Masih Aman Dimakan Asal Perhatikan Hal Penting Ini

Sepotong roti ini disimpan pada suhu lemari es dengan wadah berisi air. Jamur-jamur tipis mulai muncul sejak hari ketiga roti disimpan. Jamur berwarna putih ini kemudian berkembang semakin banyak menjadi jamur yang tebal dan berwarna abu-abu.

Secara umum roti yang ditumbuhi sedikit jamur memang masih aman dikonsumsi asalkan bagian yang terkontaminasi sudah dibuang. Tapi lain kasusnya jika jamur yang tumbuh sudah memenuhi sebagian besar roti.

Tepat di hari ke-10, hampir seluruh bagian roti sudah tertutup jamur. Jamur yang tumbuh ini juga sudah menebal dengan bentuk yang mengerikan.

Saat memasuki hari ke-16 roti sudah tak berbentuk lagi. Tampilannya mengerikan dan pastinya bisa menjadi racun karena jutaan mikroba yang tumbuh di dalamnya.

Sebenarnya secara umum, roti dengan tekstur lunak hanya mampu bertahan maksimal 3 hari. Lain lagi dengan roti gandum bertekstur keras yang mampu bertahan lebih lama.

Lewat video ini bisa dilihat seberapa berbahayanya roti jika didiamkan dalam jangka waktu yang terbilang lama. Beberapa orang memang mengatakan jika roti ditumbuhi sedikit jamur maka cukup menyingkirkan bagian yang terkena jamur saja. Padahal kondisi ini tak berlaku untuk semua jenis roti.
Lihat Perubahan Potongan Roti Jika Didiamkan Selama 16 Hari Foto: youtube

Baca juga : Apakah Roti dan Keju yang Sudah Berjamur Aman Dimakan?

Hingga kini video sudah dilihat lebih hampir 2 juta kali dan mendapat banyak respon dari netizen.

"Padahal ibuku sering menyuruhku makan roti yang sudah berjamur. Ternyata mengerikan," ujar satu netizen.

"Ini menarik, tampak cantik tapi juga menyeramkan, saya sepertinya akan mengurangi sarapan roti," tulis yang lainnya.



(dvs/odi)