Ditinggal Mudik? 5 Sajian Praktis Ini Cocok Untuk Sahur

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 03:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bagi yang tidak mudik atau pulang kampung, dan bingung mau sahur dengan menu apa. Tak perlu khawatir, karena ada 5 resep enak yang mudah dibuat saat sahur.

Menjelang lebaran, menu untuk sahur bisa dipilih yang sederhana, praktis, dan tetap mengenyangkan. Jika ditinggal mudik oleh keluarga atau ART yang biasanya menyiapkan menu sahur, kini Anda bisa membuat sajian yang enak sendiri.

Berikut rekomendasi lima resep praktis dari detikFood untuk menu sahur Anda.

1. Omelet Mie
Ditinggal Mudik? 5 Resep Praktis Ini Mudah Dibuat  Untuk SahurFoto: iStock

Jika hanya punya mie instan dan telur saja, tetap bisa disulap jadi hidangan yang enak untuk sahur. Salah satunya dengan membuatnya menjadi omelet mie. Cukup tambahkan merica, garam, cabe rawit merah, hingga daun bawang untuk membuatnya. Bisa disantap langsung, atau ditemani dengan nasi putih hangat. Cek resep lengkapnya di sini.

2. Telur Berenda
Ditinggal Mudik? 5 Resep Praktis Ini Mudah Dibuat  Untuk SahurFoto: Odilia WS

Di kulkas tinggal tersisa stok telur dan sisa sambal? Bisa dibuat jadi telur berenda yang enak dipadukan dengan nasi putih. Mirip seperti membuat telur dadar, tapi rasanya lebih gurih dan sedap karena menggunakan campuran sambal terasi atau sambal bajak. Selain itu tak lupa krenyes gurih dari potongan daun bawang. Yuk, intip resep lengkapnya di sini.

3. Tahu Goreng Bawang Cabe
Ditinggal Mudik? 5 Resep Praktis Ini Mudah Dibuat  Untuk SahurFoto: Istimewa

Hidangan tahu yang satu ini banyak ditemukan di restoran. Tapi cara membuatnya dan bahan yang dibutuhkan cukup gampang, dan tidak repot. Cukup sediakan tahu putih, bawang putih, hingga irisan cabe rawit merah. Setelah itu tumis semua bawang, masukan tahu goreng kemudian sajikan saat masih panas. Dijamin buat makan sahur lebih semangat. Yuk, cek resep lengkapnya di sini.

4. Nasi Goreng Sosis
Ditinggal Mudik? 5 Resep Praktis Ini Mudah Dibuat  Untuk SahurFoto: Instagram
Menu nasi goreng yang satu ini cukup digemari saat sahur, karena proses pembuatannya yang cepat dan mudah. Bahan yang dibutuhkan bisa menggunakan nasi sisa buka puasa, lalu tambahan sosis, dan irisan telur dadar yang gurih. Menu ini mengenyangkan dan tentunya enak. Baca resep lengkapnya di sini.

5. Bakwan Jagung
Ditinggal Mudik? 5 Resep Praktis Ini Mudah Dibuat  Untuk SahurFoto: iStock
Resep bakwan jagung terbilang klasik, tapi selalu digemari banyak orang. Cara membuat bakwan jagung cukup gampang, siapkan saja jagung manis, daun bawang, tepung terigu, dan bumbu halus dari bawang merah dan putih. Ketika digoreng tekstur bakwan akan renyah, dan manis dari butiran jagung yang ada. Cek resep lengkapnya di sini. (sob/odi)