Selain Digoreng, Kentang Juga Bisa Diracik Jadi Masker Atasi Kantung Mata Hitam

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 10:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain enak diolah jadi ragam hidangan, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Masalah kantung mata hitam bisa diatasi dengan masker kentang.

Dalam dunia kuliner, kentang sangat disukai karena dapat dioleh menjadi berbagai makanan dengan rasa yang dijamin nikmat. Mulai dari kentang goreng klasik hingga mashed potato yang creamy, kentang jadi makanan favorit banyak orang.

Ternyata kentang juga bisa jadi solusi beberapa masalah kulit dan rambut. Salah satu masalah yang paling umum adalah pigmentasi kulit dan menggelapnya area bawah mata. Masalah ini bisa makin buruk saat Anda sering beraktivitas hingga larut malam.

Baca juga: Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2)

Selain Digoreng, Kentang Juga Bisa Diracik Jadi Masker Atasi Kantung Mata HitamFoto: iStock

Kentang sangat bagus untuk kesehatan kulit berkat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang mampu memberikan nutrisi bagi kulit. Lebih spesifik lagi, enzim aktif dan vitamin C yang terkandung di dalamnya menyediakan nutrisi bagi kulit di bawah mata. Selain itu, kentang juga membantu mengurangi inflamasi yang terjadi di sekitar mata.

Vitamin C mengurangi pembengkakkan di area sekitar mata yang biasanya disebabkan oleh inflamasi di dalam pembuluh darah. Kentang memberikan efek menenangkan pada mata dan mengurangi pigmentasinya.

Berikut cara memanfaatkan kentang untuk mengurangi kantung mata hitam. Informasinya dirangkum Times of India (31/5) berikut.

Baca juga: 5 Olahan Kentang yang Enak Buat Camilan Berbuka dan Sahur

1. Kentang iris
Jika Anda ingin menggunakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan kehitaman pada bawah mata, cara ini sangat cocok. Anda hanya memerlukan dua iris kentang berukuran sedang lalu celupkan ke dalam air dingin. Tutupi mata Anda dengan irisan tersebut lalu bersantailah selama 15-20 menit. Ulangi proses ini selama dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain Digoreng, Kentang Juga Bisa Diracik Jadi Masker Atasi Kantung Mata HitamFoto: iStock

2. Kentang parut
Kentang yang telah dihaluskan ternyata bukan hanya berlaku untuk resep mashed potato saja. Area gelap di sekitar mata juga dapat dihilangkan dengan kentang yang telah diparut atau ditumbuk. Caranya, campurkan kentang dengan perasan lemon dan madu. Kemudian balurkan pada mata dan diamkan hingga kentang mengering.

Metode ini akan efektif untuk mengurangi kehitaman pada area bawah mata dan membuatnya terlihat lebih segar. Namun jika kulit Anda cenderung sensitif, disarankan untuk konsultasi kepada dokter sebelum mencobanya.

Baca juga: Misterius! Mangkuk Berisi Kentang Tumbuk Selalu Bermunculan di Perumahan Ini

(adr/adr)