Kuliner Mudik dan Lebaran

Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog Tanjung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 13:10 WIB
Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta - Kota kretek ini menawarkan banyak kuliner enak. Ada nasi jangkrik, lentog tanjung, hingga jenang yang wajib dicicip di Kudus!

Menyebut Kudus banyak orang langsung teringat rokok. Kota ini memang punya sebutan 'Kota Kretek', tapi selain rokok ada banyak kuliner enak yang wajib Anda cicip saat melintas atau mampir ke Kudus. Bukan hanya soto, rekomendasi kuliner detikFood berikut juga wajib dicoba.

1. Nasi Jangkrik

Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog TanjungFoto: dok. detikFood


Kuliner yang satu ini namanya unik, begitu juga tampilannya. Nasi jangkrik tidak memakai jangkrik sebagai lauknya, melainkan daging kerbau yang empuk dan gurih. Pelengkap lainnya adalah tahu dan guyuran kuah santan.

Nasi jangkrik punya ciri khas lain yaitu dibungkus daun jati. Salah satu penjual nasi jangkrik ternama adalah warung 'Kuliner Nasi Jangkrik Godong Jati Khas Menara' di Jalan Sunan Kudus. Warung yang buka mulai pukul 17.00 ini menjual nasi jangkrik seharga Rp 15.000 per porsi.

Baca Juga: Nasi Jangkrik, Racikan Nasi Kesukaan Sunan Kudus yang Nikmat Gurihnya

2. Opor Sunggingan

Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog TanjungFoto: Instagram gunarsokurniaji


Ke Kudus juga sayang kalau tak mencicip opor sunggingan. Kalau opor biasanya berkuah, maka opor sunggingan Kudus justru kering. Opor Sunggingan atau opor bakar menggunakan ayam opor yang dibakar lalu dicincang sebagai pelengkap nasi.

Ayamnya dijamin empuk dan enak karena menggunakan ayam kampung. Nasi plus ayam lalu ditambahkan kuah opor yang kental di atasnya. Pendampingnya adalah sambal goreng tahu. Opor sunggingan enak bisa dicicip di Nasi Opor Sunggingan, Jl. Niti Semito No. 9.

Baca Juga: Wah, Gurih Semerbak Opor Ayam Bakar dari Sunggingan!

3. Lentog Tanjung

Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog TanjungFoto: dok. detikFood


Melintasi Jalan Lingkar Kudus, jangan lewatkan cicip lentog tanjung. Hidangan ini banyak dijajakan di area Pusat Kuliner Lentog Tanjung di Jalan Tanjung Karang, Kecamatan Jati. Lentog yang jadi bahan utama pada sajian ini adalah lontong.

Disebut lentog karena lontongnya dideskripsikan pulen dan montong. Untuk penyajiannya, lentog dipotong kecil-kecil lalu disirami sayur nangka muda dan tahu tempe. Pelengkapnya ada sate telur puyuh, sate usus, dan aneka gorengan. Harga seporsi lentog tanjung sangat terjangkau, sekitar Rp 5.000.

Baca Juga: Ayo, Jalan-jalan ke Pusat Kuliner Lokal Lentog Tanjung Kudus!

4. Sate Kerbau

Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog Tanjung
Foto: Instagram e_ndro

Di Kudus ada beberapa hidangan yang memakai daging kerbau sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah sate kerbau yang terkenal enak. Sate kerbau legendaris Kudus bisa dicicip di warung Pak Min Jastro. Sudah ada sejqk 1980, warung ini berlokasi di Jl. Kyai H. Agus Salim.

Sate kerbau yang empuk dinikmati dengan cocolan saus kacang. Sebelumnya daging kerbau sudah dibumbui berbagai rempah sehingga gurih meresap. Selain sate daging kerbau, Pak Min Jastro menawarkan sate lidah, hati, koyor, babat, hingga usus kerbau.

5. Pecel Pakis

Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog TanjungFoto: dok. detikFood


Kudus punya pecel khas yang enak bernama pecel pakis Colo. Kata Colo sendiri merujuk pada wilayah perbukitan Colo, Muria, atau di sekitar makam Sunan Muria. Kalau di daerah kota, bisa mencicip pecel pakis di Warung Putu Muria, Gang 4 depan RS Ali Marsudi Kudus.

Pecel pakis diracik dari daun pakis atau daun paku sebagai bahan utamanya. Daun pakis lalu disirami bumbu pecel yang diracik bersama campuran kencur dan daun jeruk. Sayuran lainnya ada kacang panjang, bayam, dan tauge. Pecel pakis umumnya disajikan bersama nasi putih hangat. Bisa juga tambah lauk seperti telur dadar, tempe, tahu, dan bakwan.

Baca Juga: Selain Jenang, Ada Pecel Pakis yang Sedap di Kaki Bukit Muria (lus/odi)