Nasi Liwet hingga Tumis Oyong Teri, 5 Resep Teri Enak Untuk Buka dan Sahur

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 29 Mei 2019 12:30 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Olahan serba teri ini dijamin bangkitkan selera makan. Ini dia resep nasi liwet teri pedas hingga tumis oyong teri praktis yang pas untuk menu buka dan sahur.

Penggemar berat ikan teri pasti nambah kalau makan pakai 5 lauk praktis ini. Dibuat tanpa banyak bahan, Anda bisa masak nasi liwet teri pedas hingga kering teri kacang enak di rumah.

Berikut 5 resep olahan teri milik tim detikFood yang bisa jadi inspirasi menu sahur dan buka praktis.

1. Nasi liwet teri pedas

Nasi Liwet hingga Tumis Oyong Teri, 5 Resep Teri Enak Untuk Buka dan SahurFoto: detikfood

Siapa yang tidak tergoda dengan rasa nasi liwet yang gurih. Apalagi setelah diberi teri pedas. Membuat nasi liwet yang enak tidaklah sulit. Anda bahkan bisa memasaknya langsung di dalam rice cooker. Sambil menunggu nasi liwet matang, Anda tinggal membuat teri pedasnya. Yuk, buat sendiri nasi liwet teri pedas dengan resep ini.

2. Sambal jeruk teri

Nasi Liwet hingga Tumis Oyong Teri, 5 Resep Teri Enak Untuk Buka dan SahurFoto: Detikfood

Sambal teri renyah yang pedas menggigit dengan semburat rasa asam segar jeruk limau pasti bangkitkan selera. Sambal jeruk teri ini bisa Anda jadikan lauk sahur atau pun buka puasa. Cara membuatnya sangatlah praktis. Cukup siapkan bahan serta ikuti langkah pembuatannya dalam resep ini.

3. Tumis oyong teri

Nasi Liwet hingga Tumis Oyong Teri, 5 Resep Teri Enak Untuk Buka dan SahurFoto: Detikfood

Kalau Anda biasa membuat sup oyong, kini saatnya membuat olahan oyong baru. Paduan oyong yang ditumis dengan tambahan teri tawar goreng kering ternyata sangat cocok. Si kecil yang masih belajar puasa dijamin suka. Kalau ingin buat tumis oyong teri praktis, intip resep di sini!

4. Kering teri kacang

Nasi Liwet hingga Tumis Oyong Teri, 5 Resep Teri Enak Untuk Buka dan SahurFoto: detikFood

Lauk sederhana yang satu ini tak pernah gagal puaskan selera. Kacang goreng renyah makin gurih saat dipadu dengan teri tawar goreng garing. Cabai goreng yang sedikit pedas, manis, dan gurih selalu bisa jadi penyatu keduanya. Kalau masih bingung soal cara membuat kering teri kacang enak, ikuti saja resep ini.

5. Kentang goreng teri

Nasi Liwet hingga Tumis Oyong Teri, 5 Resep Teri Enak Untuk Buka dan SahurFoto: detikFood

Teri goreng juga enak disandingkan dengan french fries yang renyah. Tentunya dengan menumis bumbu berupa bawang putih, cabai merah kering, cabai hijau, daun jeruk hingga merica bubuk dan garam. Rasanya jadi pedas-pedas gurih renyah. Begini cara membuat kentang goreng teri enak yang nggak pakai ribet! (dwa/odi)