Oprah Winfrey Adakan Pesta Pizza Sekaligus Sumbang Rp 7,2 M untuk Sekolah

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 23 Mei 2019 20:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Oprah Winfrey, selebriti dan pengusaha terkenal Amerika Serikat ini tunjukkan kedermawanannya dengan membuat pesta kejutan untuk anak sekolah. Ia juga menyumbang hingga Rp 7,2 miliar!

Oprah Winfrey memberikan kejutan untuk para siswa Sekolah Menengah West Side di Newark. Kejutan ini berupa pesta dengan suguhan hidangan pie pizza dalam jumlah melimpah. Tidak hanya itu, Oprah juga mendonasikan 500.000 USD atau setara lebih dari 7 miliar rupiah dalam program Light's On After School.

Baca juga: Ini 5 Fakta Unik Makanan Kesukaan Oprah Winfrey, Apa Saja Ya?

Oprah Winfrey Adakan Pesta Pizza Sekaligus Sumbang Rp 7,2 M untuk Sekolah Foto: Istimewa

Program tersebut diciptakan oleh kepala sekolah baru yakni Akbar Cook yang berkeinginan membuat wadah aman saat Jum'at malam bagi murid-murid sekolahnya. Menurut laporan PEOPLE (21/5), awalnya Oprah mendengar ide tersebut melalui CBS News setelah sebelumnya ia mendonasikan instalasi mesin cuci di asrama sekolah untuk membantu para murid.

Dalam program ini, setiap Jum'at malam pihak sekolah memasak makan malam untuk 300 murid yang terdaftar setiap minggunya. Namun pada Jum'at lalu, Oprah Winfrey memberikan para pekerja waktu libur dan mengadakan pesta dengan menghidangkan produk pizza miliknya bersama Kraft Heinz yaitu "O, That's Good" Pizza.

Setelah membahagiakan para murid dengan kejutannya, Oprah dan Kraft Heinz juga mendonasikan voucher ShopRite sebesar 50 USD (Rp 723,640) kepada 300 anak yang hadir. Setelah membagikan hadiah, Oprah secara pribadi menuliskan cek sebesar 500.000 USD (Rp 7.237.250.000) untuk mendukung kelanjutan program tersebut.

Oprah Winfrey Adakan Pesta Pizza Sekaligus Sumbang Rp 7,2 M untuk Sekolah Foto: Istimewa

Baca juga: Oprah Perkenalkan Pizza Beku Sehat dengan Paduan Kembang Kol

"Saya akan singgah disini malam ini, dan meninggalkan kalian dengan setengah juta dolar!", ucap Oprah mengumumkan kepada hadirin dengan penuh semangat.

Kepala Sekolah Cook mengatakan bahwa donasi tersebut akan dialokasikan ke program 'restorative', yaitu program untuk mengekang penyalahgunaan senjata di wilayah tersebut. Program After School sendiri dimulai setelah tiga orang murid sekolah setempat meninggal karena kekerasan senjata. Semenjak program ini diadakan selama empat tahun, Cook mengatakan bahwa tidak ada lagi murid yang menjadi korban.

Dengan donasi yang diberikan oleh Oprah Winfrey, Kepala Sekolah berencana untuk mengembangkan peran program tersebut menjadi aktivitas rekreasional dan sumber pendidikan keahlian dalam dunia kerja untuk para murid.

"Saya masih harus melakukan hal yang lebih dari sekadar program restoratif bagi anak-anak. Ya, ini rekreasi, namun jika saya dapat memberikan mereka pendidikan tambahan dan menunjukkan beberapa life skill, pasti mereka akan lebih kompeten untuk menjadi pekerja. Apapun akan saya lakukan untuk membuat mereka sukses," pungkas sang kepala sekolah.

Baca juga: 10 Tips Masak dari Oprah Ini Bantu Turunkan Berat Badan

(adr/adr)