Ini 5 Fakta Unik Makanan Kesukaan Oprah Winfrey, Apa Saja Ya?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 15 Mar 2018 18:55 WIB
Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images
Jakarta - Disebut sebagai ratu presenter talkshow Amerika, ternyata Oprah Winfrey punya pola makan sehat. Meskipun sehat, tapi ternyata Oprah tak suka minum. Benarkah?

Oprah menjadi salah satu presenter yang menjalani pola makan sehat. Bahkan dirinyapun selalu mendiskusikan berat badan dan dietnya kepada sang ahli. Ini tentu membuat inspirasi banyak orang, dikutip dalam Mashed, berikut ini beberapa kebiasaan makan Oprah hingga menanam sendiri sayuran di kebun halaman rumahnya. Penasaran?

1. Gemar makan buah
Ini 5 Fakta Unik Makanan Kesukaan Oprah Winfrey, Apa Saja Ya?Sajian salad buah kesukaan Oprah. Foto: iStock

Oprah sangat menyukai buah. Dia menganggap mereka sebagai bahan bakar yang baik untuk tubuh. Dalam website pribadinya, ia mengatakan bahwa buah yang sering dinikmatinya saat sarapan adalah markisa, blueberry, raspberry, strawberry dan pisang.

Buah-buahan dan juga sayuran memang terbukti bisa jadi makanan sehat yang bisa menurunkan risiko serangan jantung atau stroke secara signifikan. Sehingga inilah alasan mengapa Oprah sangat menyukai buah-buahan.

Baca juga: 10 Tips Masak dari Oprah Ini Bantu Turunkan Berat Badan (1)

2. Sandwich telur
Sandwich telur kesukaan Oprah.Sandwich telur kesukaan Oprah. Foto: iStock

Selain buah, sandwich telur jadi salah stau makanan kesukaan Oprah. Ia juga menyukai sarapan dengan sandwich yang dibuat dengan paduan satu potong roti yang dilengkapi dengan telur, alpukat dan tomat.

Sandwich juga rendah kalori, ahli diet Jenny Beth Kroplin mengatakan sandwich juga rendah kalori namun mengenyangkan. Oprah suka menambahkan sandwich telur ini dengan greek yogurt rendah lemak. Kira-kira sandwichnya hanya mengandung 200 Kkal. Ia pun memasangkan sandwich telur dengan beberapa buah atau kacang untuk sarapan pagi.

3. Seafood
Seafood segar yang dimasak tanpa minyak atau saus pelengkap.Seafood segar yang dimasak tanpa minyak atau saus pelengkap. Foto: iStock

Oprah jadi salah satu penggemar makanan laut. Ikan yang paling ia favortikan adalah barramundi. Selain itu, makanan laut lain yang jadi kesukaannya adalah udang yang tidak dimasak dengan cara digoreng melainkan disajikan dengan paduan salad segar.


Menurut Spruce, banyak orang yang berpikir bahwa udang tidak sehat karena kandungan kolesterol mereka lebih tinggi daripada jenis makanan laut lainnya. Meskipun begitu, udang dikenal sehat asalkan tidak memakannya dengan campuran saus berat.

4. Tidak terlalu suka air
Ini 5 Fakta Unik Makanan Kesukaan Oprah Winfrey, Apa Saja Ya?Oprah tak terlalu suka air putih. Foto: iStock

Sekitar 60 persen tubuh orang dewasa mengandung air. Air merupakan bagian penting dari makanan sehat. Menurut situs Survei Geologi Amerika Serikat, pria perlu minum sekitar 3 liter air setiap hari dan wanita 2,2 liter. Akan tetapi jumlah ini bervariasi berdasarkan individu dan lingkungannya.

Air sangat baik diminum untuk mereka yang menghindari lemak dan gula karena bebas kalori. Terlepas dari semua ini, Oprah mengaku tak terlalu suka air putih. Ia mengatakan "tidak terlalu menyukai air." Oprah melakukan yang terbaik untuk minum sebanyak mungkin untuk memenuhi cairan tubuh meskipun dengan cara yang berbeda. Ia mencoba infused buah dengan air namun tak suka.

Kemudian ia mencoba cara lain yaitu mencampurkan air dengan jahe dan vanilla dengan harapan bisa mendorong minum dengan banyak.

5. Sayur dari kebunnya

Ini 5 Fakta Unik Makanan Kesukaan Oprah Winfrey, Apa Saja Ya?Menanam sayuran di rumah. Foto: iStock

Mengonsumsi sayuran secara teratur memiliki beberapa manfaat kesehatan dan mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan dapat mencegah kanker. Manfaat yang paling banyak didapat dari mengonsumsi beragam jenis sayuran sebagai bagian dari diet sehat. Oprah memanfaatkan semua nutrisi dalam sayuran dengan banyak mengonsumsinya.

Ia pun menanam sendiri sayuran di kebun belakang rumahnya sehingga selalu dapat menikmati produk sayuran yang segar. Jika sedang panen, Oprah juga sering berbagi hasil kebunnya ke beberapa tetangga yang membutuhkan.

Baca juga: Akhirnya Oprah Winfrey Terbitkan Buku Masak Pribadinya (lus/odi)