Restoran di Shanghai Ini Cari Pegawai Khusus Untuk Buka Kulit Lobster

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 18 Mei 2019 08:08 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak orang yang suka makan lobster tapi malas mengupas kulitnya. Sehingga banyak restoran di Shanghai mempekerjakan orang khusus untuk mengupas kulit lobster.

Banyak restoran lobster di Shanghai yang menyajikan aneka lobster besar, yang mencapai 1,5 kg atau lebih. Uniknya, banyak juga pembeli yang malas mengupas kulit lobster, yang terkenal dengan teksturnya yang keras. Belum lagi sedikit lengket dan amis, serta membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga: Cangkang Kepiting Bisa Jadi Pengganti Plastik di Masa Depan
Foto: Istimewa
Hal ini lah yang membuat beberapa restoran di kota Shanghai, China, mencari orang yang mau mengupas kulit lobster untuk para pembelinya. Pekerjaan yang unik ini tidak membutuhkan keahlian atau pengalaman khusus.

Dilansir dari Global Times (14/05), setiap orang boleh melamar ke pekerjaan ini. Asalkan mereka bisa menahan keinginan untuk memakan daging lobster yang enak, setelah mereka mengupas semua kulitnya.

Lowongan pekerjaan ini rupanya menarik minat banyak orang. Terutama orang-orang yang tengah mencari pekerjaan sampingan. Untuk gaji yang ditawarkan juga tak kalah menarik. Rata-rata pihak restoran akan menggaji sekitar 200 yuan (Rp 419.800), per empat jam kerja.
Foto: Istimewa
Menurut salah satu pekerja bernama Zhou, yang berprofesi sebagai mahasiswa mengaku bahwa dia tidak apa-apa bekerja untuk mengupas kulit lobster. Selama waktu kerjanya berada di akhir pekan.

Sementara menurut penggemar lobster bernama Zhang, ia mengaku bahwa dia benci mengupas kulit lobster karena membuang waktu, dan membuat tangannya lengket. Tapi banyak juga pembeli yang lebih senang mengupas kulit lobster dengan tangan mereka sendiri, karena dinilai membuat rasanya lebih enak.
Foto: Istimewa
"Mengupas lobster dengan tangan sendiri membuat rasanya jauh lebih enak," tutur seorang pengunjung bernama Guo yang biasa memesan lobster sebanyak 1,5 kg.

Dengan adanya layanan pengupas kulit lobster, pembeli akan dikenakan biaya sekitar 20 yuan (Rp 41.980) per kilogram. Dengan batas biaya 50 yuan (Rp 104.950) untuk setiap ordernya.

Baca Juga: Restoran Ini Pilih Lepaskan Lobster 'Cotton Candy' Langka Daripada Memasaknya (sob/odi)