Cangkang Kepiting Bisa Jadi Pengganti Plastik di Masa Depan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 28 Jul 2018 12:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Cangkang kepiting biasanya dibuang dan berakhir menjadi limbah makanan. Kini peneliti menemukan cangkang kepiting, bisa menjadi pengganti kemasan plastik.

Limbah makanan telah menjadi masalah lingkungan yang serius, terutama plastik yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Setidaknya lebih dari 9 miliar ton plastik dihasilkan oleh manusia, dan hanya 9% yang di daur ulang.
Cangkang Kepiting Bisa Jadi Pengganti Plastik di Masa DepanFoto: Istimewa
Baca Juga: Kreatif! Action Figure Superhero Ini Dibuat dari Cangkang Serangga dan Kepiting

Diberitakan Munchies (27/07), para peneliti di Georgia Institute of Technology tengah berkerja untuk untuk menciptakan kemasan fleksibel yang terdiri dari lapisan chitin, komponen utama yang dari cangkang kepiting, udang, kerang, hingga tiram, dan selulosa, kandungan serat yang ditemukan dalam tanaman hijau.

Menurut salah satu peneliti J . Carson Meredith, produk yang dikerjakan oleh tim mereka ini sangat mirip dengan plastik yang biasanya digunakan dalam botol minuman bersoda, dan kemasan keripik kentang. Bahkan plastik ramah lingkungan ini nantinya akan berkerja lebih baik dalam menjaga makanan tetap segar.
Cangkang Kepiting Bisa Jadi Pengganti Plastik di Masa DepanFoto: Istimewa

"Dalam mengembangkan penelitian ini, kami membandingkannya dengan PET atau polyethylene terephthalate yang sering ditemukan dalam bahan plastik transparan dari minyak untuk membungkus minuman," tutur Meredith.

Sebelumnya, para peneliti ini sudah melakukan uji coba dengan memasukan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari chitin ini ke dalam air. Hasilnya mirip dengan plastik pada umumnya, namun plastik ramah lingkungkan ini dapat diubah menjadi kompos.

"Bahan-bahan yang kami gunakan dalam pembuatan plastik ini, mengandung 67% pengurangan oksigen dalam bentuk PET, yang berarti secara teorinya, dapat menjaga makanan lebih segar dan tahan lama," lanjut Meredith.

Selain untuk mengurangi penggunaan plastik yang memiliki dampak buruk dari lingkungan, para peneliti juga ingin mengurangi limbah cangkang kepiting yang memproduksi sekitar 6-8 juta ton limbah cangkang setiap tahunnya.
Cangkang Kepiting Bisa Jadi Pengganti Plastik di Masa DepanFoto: Istimewa
Tidak hanya jenis kepiting saja, kandungan chitin terdapat dalam cangkang udang, tiram, hingga kerang. Sehingga limbah cangkang ini biasanya akan dibuang ke laut, dan merusak sanitasi laut.

Meski begitu, masih dibutuhkan beberapa waktu lagi untuk para peneliti ini menyempurnakan plastik yang terbuat dari cangkang kepiting. Tim peneliti ini, masih mencari cara untuk menghemat biaya produksi cangkang ke plastik mereka.

Baca Juga: Wah, Kepiting Hidup Ini Masih Makan Sayuran Saat Dimasak!



Tonton juga video: 'Lezatnya Kepiting Raksasa Hokkaido'

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)