ADVERTISEMENT

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang Enak

Shara Azzhara - detikFood
Selasa, 30 Apr 2019 12:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mudah ditemui di pasaran, bihun jadi olahan favorit banyak orang Indonesia. Apa itu bihun dan bagaimana cara mengolahnya yang enak?

Bihun merupakan bahan makanan yang sudah sangat dikenal dan sering digunakan masyarakat Asia. Makanan dengan nama lain "glass noodle" ini memiliki tekstur kenyal, lembut, dan berwarna bening seperti kaca. Di berbagai negara, bihun memiliki nama yang berbeda seperti Vermicelli di China, Dangmyeon di Korea, Harusame di Jepang, Falooda di India, dan masih banyak lagi.

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang EnakFoto: iStock

Berbeda dengan mie pada umumnya yang terbuat dari tepung, bihun berbahan dasar air dan pati tumbuhan seperti kentang, kacang hijau, atau singkong. Biasanya, bihun dijual dalam keadaan kering dan keras. Anda dapat merendamnya dengan air hangat atau merebusnya sebentar. Saat masih mentah, bihun cenderung bening dan ketika dimasak akan berubah menjadi warna putih.

Tidak hanya lezat dan mudah diolah, bihun juga memiliki beberapa kelebihan lain.

1. Bebas gula
Karena berbahan dasar air dan pati, bihun tidak mengandung gula. Hal ini baik bagi penderita diabetes.

2. Bebas lemak
Bihun telah terbukti tidak mengandung lemak jahat. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, bihun bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat.

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang EnakFoto: iStock

3. Serba guna
Rasa dan tekstur bihun yang cenderung netral membuatnya cocok dengan berbagai hidangan. Mulai dari hidangan gurih hingga manis, dapat Anda buat dengan bihun.

Baca juga: Resep Mie: Glass Noodle Salad with Chicken and Shrimp

Berbagai negara terutama di wilayah Asia mengolah bihun dengan berbagai cara. Diantara hidangan yang beragam, berikut hidangan populer yang dapat Anda coba buat di rumah.

1. Sup bihun ayam
Sajian berkuah seperti sup ampuh hangatkan badan. Kalau bosan sup ayam biasa, tambahkan saja bihun agar rasanya makin enak. Ada juga tambahan daging ayam, wortel, dan sawi sehingga nutrisinya lebih komplet. Resep sup bihun ayam bisa diintip di sini.

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang EnakFoto: iStock

2. Rujak bihun jagung
Rujak tidak selalu harus buah. Rujak bihun yang satu ini pedas, sedikit asam dan gurih. Cocok buat disajikan sebagai hidangan pembuka. Yuk, intip resepnya ini.

3. Sup bihun oyong
Yang juga jadi favorit banyak orang adalah sup bihun oyong. Sajian berkuah gurih ini berisi oyong dan ebi. Jangan lupa ditambahkan bawang merah goreng dan bawang iris halus. Resepnya ada di sini.

(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT