Momen Kulineran Politisi

Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 11 Apr 2019 15:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Masakan Minang juga jadi santapan favorit Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri. Keduanya kompak menyukai racikan ayam pop di restoran Minang legendaris ini.

Dari sekian banyak restoran Minang di Jakarta, ada satu restoran Minang yang jadi favorit Jokowi. Namanya Sari Ratu di Plaza Indonesia. Restoran Minang ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 35 tahun lalu. Cabangnya juga ada di Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura.

Ia tercatat sudah datang 3 kali ke Sari Ratu sejak dirinya masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Sudah tiga kali, dua kali itu sebelum Pak Jokowi jadi presiden, waktu masih jadi Gubernur DKI Jakarta," kata salah soerang pegawai restoran kepada detikFood (10/4). Nah, yang terbaru Jokowi mampir bersantap di sini pada Maret 2019.

Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang IniFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di Jakarta

Pegawai itu menuturkan Jokowi datang seperti pengunjung biasa. Tidak ada informasi dari staff presiden sebelum kunjungan dari orang istimewa itu sehingga restoran tidak melakukan persiapan khusus. Hanya saja tetap ada prosedur uji lab makanan untuk memastikan keamanan santapan presiden.

Soal menu, pegawai restoran menyebut pilihan Jokowi tak pernah berubah. Ia memilih racikan nasi, ayam pop, urap, dan sambal goreng ati sebagai santapannya. Ayam pop Sari Ratu memang sedikit berbeda dari ayam pop restoran Minang lainnya.

Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang IniFoto: dok. detikFood

Tampilannya tidak putih pucat melainkan agak kecokelatan. "Ayam pop di sini memang digoreng sebentar. Bisa minta mau yang versi basah atau agak kering," kata pegawai restoran. Pelengkapnya juga unik, bukan sambal berwarna oranye, tetapi kecap manis. Paduan ayam pop yang gurih juicy ternyata enak diselingi manisnya kecap.

Sementara racikan urapnya juga istimewa. Dibuat dari potongan kacang panjang, kol, tauge, bayam, dan daun kemangi segar. Pelengkapnya parutan kelapa berbumbu gurih manis yang menambah selera makan.

Sambal goreng hati di sini tak kalah memikat selera. Ada potongan hati dan ampela berukuran lumayan besar dengan balutan sambal merah yang pedas. Tercecap juga rasa petai yang samar-samar pada sambal goreng ini.

Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang IniFoto: dok. detikFood

Masih menurut pegawai restoran, untuk minuman Jokowi suka es jeruk. Pilihan ini tak berubah sejak kunjungan pertamanya ke Sari Ratu.

Selain Jokowi, banyak tamu-tamu istimewa pernah datang ke sini. Mulai dari Megawati Sukarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prabowo, dan mending Taufik Kiemas. Yang terbaru adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersantap di Sari Ratu.

Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang IniFoto: dok. detikFood

Pegawai restoran menceritakan Megawati juga suka ayam pop di sini. Sementara SBY pernah mengajak 15 mantan menterinya untuk makan siang bersama. Soal menu, pilihan SBY lebih beragam karena mau mencoba banyak menu.

Selain di Plaza Indonesia, Sari Ratu punya belasan cabang di kawasan Jakarta. Diantaranya di Plaza Senayan, Pondok Indah Mall, dan Grand Wijaya Centre di Dharmawangsa.

Baca Juga: Sari Ratu: Lamaknyo! Gulai Tunjang dan Sambal Lado Mudo yang Legendaris

(adr/odi)