Sari Ratu: Lamaknyo! Gulai Tunjang dan Sambal Lado Mudo yang Legendaris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Jul 2016 17:34 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Penggemar masakan Minang harus mampir ke restoran legendaris ini. Ada rendang, gulai ayam, kikil, hingga sayur singkong yang gurih berempah. Disantap dengan nasi hangat, buka puasapun makin nikmat!

Resto Sari Ratu sudah tak asing lagi di kalangan pencinta masakan Minang di Jakarta. Berdiri sejak 32 tahun lalu, kini restoran sudah memiliki 30 cabang termasuk di Kuala Lumpur dan Singapura.

Di Jakarta, Sari Ratu mudah ditemui di beberapa mall besar di Jakarta termasuk Pondok Indah Mall, Plaza Senayan, Mall Taman Anggrek, dan Plaza Indonesia.

Sedang berada di Plaza Indonesia, kamipun menyempatkan berbuka puasa di sini. Ruangan restoran rupanya tidak terlalu besar. Meja-meja panjang dengan bangku ditata gaya resto Minang.

Sementara dapur untuk menyiapkan makanan berada di pojok dalam. Terlihat para pelayan sibuk keluar masuk dapur sambil membawa tumpukan piring lauk. Karena seluruh menu favorit disajikan langsung di atas meja, khas resto Minang.

Ada sekitar 14 menu yang disuguhkan di atas meja kami. Termasuk acar sayur, tumis pare, perkedel jagung, dendeng balado, sambal goreng kentang dan teri, rendang, udang goreng, ayam goreng, ayam bakar, ayam gulai, kikil, telur balado, dan sayur singkong. Untuk nasi putih, pelayan langsung menanyakan porsi yang kami kehendaki.

Wah, kamipun jadi bingung memilih. Kami mencicip rendang (Rp 21.000), ayam gulai (Rp 20.500), kikil (Rp 21.500), udang goreng (Rp 80.000), perkedel jagung (Rp 12.500), sayur singkong (Rp 13.500), dan sambal ijo (Rp 9.000). Semua menu kami ambil dan racik sendiri dengan nasi putih hangat yang sudah tersaji.

Rendang di sini berukuran lumayan besar berwarna cokelat legam. Nampak kuah minyak berwarna merah oranye menggenangi rendang. Bumbunya yang menebar aroma gurih harumpun disajikan berlimpah dengan beberapa butir kacang merah.

Tampilan rendang yang menggugah selera ternyata berbanding lurus dengan cita rasanya. Daging rendang cukup empuk dengan rasa bumbu yang gurih sedikit pekat. Meski begitu, kami tidak mencecap rasa pedas yang umumnya ada pada sajian rendang Minang.

Ayam gulai tak ingin kami lewatkan. Potongan ayamnya cukup besar dengan kuah gulai pekat yang merendamnya. Nyamm! Daging ayamnya begitu lembut dan empuk, meskipun bumbu gulainya terasa kurang gurih. Kalau lebih gurih, pastilah ayam gulai makin mantap.

Makan malam makin lengkap dengan gulai tunjang atau kikil yang kenyal enak. Ukurannya besar dan memuaskan. Soal rasa, kuah gulainya pedas gurih.. Enak dicampurkan bersama nasi hangat walau rasa gurihnya tak terlalu menonjol.

Meski bukan hidangan khas Minang, kami tertarik mencicip udang goreng jumbo yang bewarna merah cantik. Udang windu berukuran super besar ini dibelah bagian punggungnya lalu digoreng hingga matang. Proses penggorengan pas sehingga udang masih kenyal manis.

Daging udang yang tebal ini terasa gurih alami sebagai tanda udangnya segar. Sepertinya tidak dibumbui apapun. Teksturnya yang lembut berpadu enak dengan bumbu gulai dan rendang yang sudah tercampur di nasi kami.

Perkedel jagung jadi lauk pendamping yang gurih enak. Penggunaan sedikit tepung terigu membuat pipilan jagung terlihat jelas. Kress! Rasanya renyah dan empuk. Kalau disajikan hangat, perkedel jagung ini pasti makin enak.

Tak lengkap rasanya makan sajian Minang tanpa sayur singkong dan sambal lado mudo. Kuah sayur singkongnya tidak terlalu banyak dengan warna kuning muda. Tercecap rasa gurih santan yang khas pada sajian ini. Makin enak karena terselip potongan teri tawar yang asin diantara rebusan daun singkong yang empuk.

Sementara sambal lado mudonya terasa kurang menonjok di lidah kami. Tetapi rasa khas cabe hjaunya renyah dan menambah kenikmatan santap malam. Agaknya versi hidangan Minang di sini memang dibuat sesuai dengan lidah orang Jakarta. Tak terlalu pekat dan pedas menyengat tetapi tetap sedap.

Tertarik berbuka dengan menu khas Minang? Mampir saja ke cabang Sari Ratu terdekat. Siapkan perut kosong agar bisa mencicip banyak sajian di sini.

Sari Ratu
Lantai Basement, Plaza Indonesia
Jl. MH Thamrin, Thamrin
Jakarta Pusat
Telepon: 021 3107534 (lus/odi)