Momen Kulineran Politisi

Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di Jakarta

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 18:30 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Tak heran kalau Jokowi punya banyak tempat makan langganan di Solo. Ternyata bukan hanya di tanah kelahirannya saja, di Jakarta pun Jokowi punya tempat makan favorit.

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi banyak menghabiskan waktu di Jakarta. Kini saat menduduki kursi presiden pun Jokowi kerap mampir untuk makan di beberapa tempat populer.

Mulai dari warung Minang hingga restoran seafood pernah jadi tempat makan Jokowi. Resto mana saja dan apa menu favorit sang presiden?

1. RM Padang Medan Baru, Restoran Garuda dan Restoran Sari Ratu
Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di JakartaFoto: istimewa

Meskipun punya selera Solo yang identik suka makanan manis gurih, tapi Jokowi juga penggemar masakan Padang. Salah satu restoran Padang yang kerap disambanginya adalah RM. Padang Medan Baru. Restoran di bilangan Sawah Besar ini pernah disambangi ketika Jokowi usai blusukan.

Dari ragam pilihan menu yang banyak, Jokowi menjadikan gulai kepala kakap dan burung punai goreng sebagai menu favorit. Resto ini memang dikenal menawarkan sajian Minang Padang yang enak.

Ada juga restoran Garuda yang disambangi Jokowi sebelum menghadiri debat capres. Jokowi tak sendiri, ia datang ke resto ini bersama keluarganya termasuk sang menantu, Bobby.
Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di JakartaFoto: detikFood

Selain itu, restoran Sari Ratu juga tercatat menjadi tempat makan favorit Jokowi. Saking cocoknya dengan hidangan Minang khas Sari Ratu, saat menyambangi Singapura, Jokowi juga sempat mampir ke restoran ini.

Sari Ratu merupakan restoran legendaris yang menyajikan makanan Minang. Cabangnya yang di Singapura bahkan mendapat pujian Jokowi karena menghadirkan citarasa kuliner Indonesia di negara orang.


Baca juga : Mampir Tulungagung, Jokowi Seruput Kopi 4 Ribu Perak

2. Seafood Wiro Sableng 212
Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di JakartaFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Restoran seafood yang ada di kawasan Kelapa Gading ini memang dikenal sering disambangi Jokowi. Bahkan keluarga Jokowi juga kerap makan bersama di resto berlantai 3 ini.

Menu favorit pilihan Jokowi antara lain kerang bambu saus padang atau bumbu tauco dan gurame goreng kupas. Bahkan menu cumi bakar juga selalu dipesan saat Jokowi ke resto ini. Terakhir kali Jokowi menyambangi resto ini sebelum menghadiri debat capres bulan Maret lalu.

3. Bebek Goreng Pak Slamet
Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di JakartaFoto: istimewa

Saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi tak sungkan masuk ke restoran Bebek Goreng Pak Slamet di kawasan Pluit. Resto yang berada di dekat kediaman Basuki Tjahaja Purnama ini jadi tempat singgah Jokowi untuk makan siang.

Menu andalan di tempat ini jelas bebek goreng yang gurih. Semakin mantap karena bebek goreng disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal korek yang super pedas.

4. Restoran Bumbu Desa
Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di JakartaFoto: istimewa

Restoran Bumbu Desa di kawasan Cikini, Jakarta Pusat juga kerap disambangi Jokowi dan rombongan. Selain di Cikini, cabang resto di kawasan Pancoran juga pernah jadi tempat santap Jokowi.

Sajian khas Sunda ternyata juga cocok di lidah presiden. Lalapan dan sambal terasi khasnya ternyata mampu membuat Jokowi ketagihan.

Baca juga : 9 Momen Jokowi Menikmati Makanan 'Ndeso' Asli Indonesia

5. Restoran Handayani Prima
Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di JakartaFoto: istimewa

Restoran Handayani Prima yang ada di Jalan Matraman, Jakarta Timur juga pernah disambangi Jokowi dan para menteri. Pada 2015 lalu, Jokowi dan rombongan makan siang dengan menu ikan bakar, urap, tempe goreng dan sambal.

Selain dengan rombongan para menteri dan staf kepresidenan, Jokowi juga dikenal kerap mengajak wartawan untuk makan bersama. (dvs/odi)