Keren! Pemenang MasterChef Tunanetra Ini Buka Restoran Sendiri

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski tunanetra, Christine Ha tak menjadikan kekurangannya sebagai hambatan. Ia justru memiliki karir bersinar yang diawali prestasinya sebagai pemenang kompetisi masak ternama.

Chef Christine Ha merupakan penyandang tunanetra yang menjadi pemenang MasterChef Amerika Serikat season 3 di tahun 2012. Chef Ha bukan hanya dikenal dengan hasil masakannya yang lezat, namun kehandalannya dalam menggunakan peralatan masak dengan pengelihatan yang terbatas. April ini, chef keturunan Vietnam tersebut membuka restoran pertamanya bernama "The Blind Goat".

Nama The Blind Goat diambil berdasarkan nama julukannya dan lambang zodiak Vietnam Chef Ha sendiri. Restoran ini akan menyajikan menu populer Vietnam dengan pengaruh dari berbagai negara dimana Chef Ha pernah menetap.

Keren! Pemenang MasterChef Tunanetra Ini Buka Restoran SendiriFoto: Istimewa

"Saya lahir di California dan kedua orang tua saya berasal dari Vietnam, tapi saya tumbuh besar di Houston. Dibesarkan di Texas dan lahir di Amerika, memberikan pengaruh barat pada menu yang saya buat. Saya memadukan ciri khas Texas dan Meksiko ke dalam masakan Vietnam saya," ujar Chef Ha kepada This Is Insider (8/4).

Baca juga: Tanpa Pengelihatan, Christine Ha Raih Gelar MasterChef!

The Blind Goat sendiri berlokasi di Houston, tempat dimana Chef Ha dibesarkan. Houston dipilih sebagai lokasi pertama juga karna alasan lain. Kota Houston secara konsisten menduduki peringkat teratas dalam kategori kota paling beragam di Amerika.

Bahkan seorang pemilik grup restoran Momofuku dan bintang televisi, David Cheng, menyebut bahwa Houston merupakan kota makanan favoritnya.

Keren! Pemenang MasterChef Tunanetra Ini Buka Restoran SendiriFoto: Istimewa

Baca juga: Rendang yang Kaya Rempah Disajikan William Wongso di Houston

"Hiburan terbaik bagi saya adalah duduk bersama teman dengan meja berisi makanan dan minuman sambil mengobrol. Itulah contoh pengalaman yang ingin saya hadirkan melalui The Blind Goat."

Keputusan Chef Ha untuk membuka restorannya sendiri juga mendapat dukungan dari chef selebriti Gordon Ramsay yang juga menjadi juri di kompetisi yang dimenangkan Ha.

Keren! Pemenang MasterChef Tunanetra Ini Buka Restoran SendiriFoto: Istimewa

Semenjak menjadi pemenang MasterChef, Ha semakin dikenal dan diakui oleh berbagai kalangan. Ia mendapat Helen Keller Personal Acheivement Award dari American Foundation for The Blind, menciptakan buku resep, hingga menjadi juri MasterChef Vietnam. Ia juga merupakan kontestan tunanetra pertama dalam kompetisi masak MasterChef.

Baca juga: Inspiratif! Restoran Ini Sediakan Menu Braille untuk Pelanggan Tuna Netra

(adr/adr)