Inspiratif! Restoran Ini Sediakan Menu Braille untuk Pelanggan Tuna Netra

Devi Setya - detikFood Sabtu, 13 Okt 2018 13:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Restoran ini patut diacungi jempol karena menjadi restoran pertama yang sediakan daftar menu braille. Ini membantu pelanggan tuna netra saat memilih menu.

Dikabarkan Fox News (13/10) restoran di West Virginia memiliki pelanggan tetap seorang tuna netra. Melihat pelanggannya kesulitan memilih menu, resto ini kemudian membuatkan buku menu khusus dengan tulisan braille.

Baca juga : Inspiratif! Kedai Kopi Ini Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Restoran Hwy 55 Burgers Shake and Fries di Hunington merasa iba karena pelanggannya yang bernama Lisa Blankenship harus meminta orang lain membacakan menu di restoran ini. Lisa sendiri adalah penyandang tuna netra jadi ia membutuhkan orang untuk menjelaskan tampilan makanan yang akan dipesannya.
Inspiratif! Restoran Ini Sediakan Menu Braille untuk Pelanggan Tuna NetraFoto: Istimewa
"Kami memang melakukan perbincangan pada konsumen. Kami memiliki konsep melayani dengan cinta. Kami berusaha menjangkau pelanggan kami dengan cara yang lebih personal," kata penanggung jawab restoran, Erin Downard kepada MetroNews.

Melihat Lisa selalu kesulitan memilih menu, kemudian pihak restoran menghubungi Cabell-Wayne Association of the Blind untuk membhatkan menu baru. Menu ini tercetak dengan tulisan braille yang bisa dibaca oleh tuna netra.

Menu ini bukan hanya untuk Lisa saja tapi juga untuk siapapun yang mungkin membutuhkan. Restoran mencetak beberapa buku menu.

Saat seorang staf menyodorkan menu ini pada Lisa bulan lalu, ia terlihat sangat senang dan menyambut baik adanya menu ini.

"Dia harus membaca menu ini untuk pertama kalinya dan terlihat ia sangat bahagia. Kalimat yang keluar dari mulutnya adalah, 'saya bisa membacanya sendiri!'"
Inspiratif! Restoran Ini Sediakan Menu Braille untuk Pelanggan Tuna NetraFoto: Istimewa
Baca juga : Suapi Pelanggan Cacat, Pegawai Resto Cepat Saji Ini Banjir Pujian

Downard mengatakan kepada WOWKTV. Lisa Blankenship memang sering mengunjungi restoran favoritnya ini dua kali seminggu. Karyawan Hwy 55 menganggap ini adalah hal yang positif dan berharap semakin banyak restoran yang mengikuti jejaknya.

"Semua restoran harus mencoba untuk mengakomodasi pelanggan caca karena itu benar-benar akan membuat lebih banyak orang datang dan saya sangat menghargainya."


(sob/odi)