Berawal dari Tukang Potong Daging, Salt Bae Sukses Berbisnis Restoran

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 27 Mar 2019 17:23 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebelum hidup mewah, dulunya Salt Bae hanyalah seorang tukang potong daging biasa. Ia berhasil meraih mimpinya berkat kerja keras dan tekad yang kuat.

Kepopuleran nama Nusret Gokce dimulai pada 7 Januari 2017. Saat itu, ia mengunggah sebuah video kala dirinya sedang menyiapkan steak Ottoman di Instagram.

Dalam video itu, ia dengan mudah mengiris potongan daging yang empuk. Aksinya diakhiri dengan cara menaburi garam kristal ke daging yang unik.

Ia menggunakan satu tangan yang ditekuk lalu menabur garam dengan jarak yang cukup tinggi ke atas tumpukkan daging. Video itu ditonton jutaan pengguna. Gerakan menabur garam yang unik itu lalu menjadi meme dan banyak diperbincangkan di media sosial.

Berawal dari Tukang Potong Daging, Salt Bae Sukses Berbisnis RestoranFoto: Instagram nust_et

Gaya ikonik menabur garamnya itu agaknya membuat dirinya menyandang panggilan 'Salt Bae'. Bae sendiri sebenarnya versi singkat dari kata 'babe' atau 'baby' yang berarti sayang. Namun Salt Bae untuk sebutan Chef Nurset merupakan akronim dari "Salt Before Anyone Else."

Baca juga: Berkat Aksi Uniknya Menaburi Garam ke Daging, Chef Turki Ini Jadi Viral!

Kepopulerannya semakin meningkat lataran banyaknya selebriti, bintang sepak bola hingga tokoh penting dunia yang menyambangi Nusr-Et Steak House. Saat ini saja Nusr-Et Steak House tidak hanya ada di Turki dan Abu Dhabi, tapi juga hadir di Doha, New York hingga Miami.

Berawal dari Tukang Potong Daging, Salt Bae Sukses Berbisnis RestoranFoto: Istimewa

Meski begitu, tidak banyak yang tahu soal kisah hidup Salt Bae. Sebenarnya pria berambut panjang ini memulai karirnya dari bawah. Salt Bae merupakan seorang pria yang lahir di Istanbul, Turki pada tahun 1983.

Ia merupakan putra seorang penambang yang memiliki empat orang saudara. Dilansir dari NBC News, di usia ke-13 Salt Bae mulai menjadi anak magang yang bertugas menjadi tukang potong daging di sebuah kedai daging lokal. Kemudian ia menghabiskan waktu selama bertahun-tahun di sebuah restoran steak di Turki.

Berawal dari Tukang Potong Daging, Salt Bae Sukses Berbisnis RestoranFoto: Instagram Salt Bae

Di tahun 2009, Salt Bae memberanikan diri untuk merantau ke Buenos Aires, Argentina yang dikenal sebagai salah satu kota pengonsumsi daging terbesar. Tujuannya hanya satu, ia ingin meningkatkan keahliannya di bidang butcher atau ahli pemotong daging dan industri daging. Kala itu, ia bahkan tidak bisa bahasa Inggris atau pun Spanyol.

"Saya selalu berharap dan berharap agar bisa membuka sebuah restoran," jelasnya pada NBC News.

Salt Bae sempat membagikan proses perantauannya itu saat bintang Argentina, Lionel Messi berkunjung ke restorannya. Ia mengunggah keterangan mengharukan dalam video saat Messi mengatakan kalau steak buatannya lezat.

Berawal dari Tukang Potong Daging, Salt Bae Sukses Berbisnis RestoranFoto: Instagram Salt Bae

Ia bercerita, meski dulu dirinya tak memiliki cukup uang, ia tetap memutuskan untuk merantau ke Argentina. Bermodalkan uang tabungan yang tak seberapa dan tiket pesawat promo, akhirnya ia berhasil menginjakan kakinya di sana.

Usahanya ternyata tidak sia-sia. Di tahun 2010, Salt Bae berhasil membuka restoran steak pertamanya. Tepat di usia ke-27, Nusr-Et steakhouse resmi dibuka dengan 10 orang pekerja. Saat itu, restoran tersebut hanya memiliki delapan meja makan.

Berawal dari Tukang Potong Daging, Salt Bae Sukses Berbisnis RestoranFoto: Instagram Salt Bae

Dikutip dari CNBC (27/1), seorang pebisnis Turki bernama Ferit Sahenk berkunjung ke restoran steak Salt Bae. Ferit jatuh hati dengan rasa steak buatan Salt Bae. Ia akhirnya melakukan investasi.

Kondisi ekonomi yang semakin membaik membuat dirinya berhasil membuka restoran steak di wilayah Ankara, Doha, dan Dubai. Meski kini ia hidup dalam kecukupan, Salt Bae tidak pernah merasa jika hidupnya kini berubah. Ia masih melakukan rutinitasnya seperti biasa.

"Hidupku tidak berubah sekarang. Aku masih terus bekerja dari pagi hingga tengah malam," pungkasnya.

Baca juga: Mewah! Salt Bae Hadirkan Tomahawk Ribeye 1.2 Kg Lapis Emas 24 Karat (dwa/odi)