Snack Jepang Kekinian

Diawali dengan Dorayaki, Jajanan Pancake a la Jepang Makin Hits

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 21 Mar 2019 16:14 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian
Jakarta - Di Jepang, pancake jenisnya banyak dan beragam. Ada pancake manis, hingga gurih. Tapi ada juga pancake yang jadi jajanan atau camilan populer di sana.

Pancake tak hanya populer di Amerika dan Eropa saja. Negara Asia seperti Jepang pun, punya berbagai kreasi pancake yang menarik. Salah satunya ada taiyaki, dorayaki, fluffy pancake, kushi, hingga imagawayaki yang enak.

Baca Juga: Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan Kekinian


1. Taiyaki

Diawali dengan Dorayaki, Jajanan  Pancake a la Jepang Makin HitsFoto: Istimewa

Taiyaki memiliki bentuk seperti ikan, pancake khas Jepang ini biasanya diisi dengan selai kacang merah. Banyak juga variannya kini yang diisi dengan cokelat, keju, hingga sosis.

Mirip dengan adonan dorayaki atau pancake, taiyaki ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula, baking powder, telur, hingga air. Taiyaki sendiri dicetak di atas pangganan berbentuk ikan, teksturnya renyah di luar, dan lembut di dalam. Kini banyak juga gerai es krim, yang menggunakan taiyaki sebagai pengganti cone.


2. Fluffy Pancake

Diawali dengan Dorayaki, Jajanan  Pancake a la Jepang Makin HitsFoto: Istimewa

Berbeda dengan pancake dari Eropa atau Amerika, pancake asal Jepang jauh lebih tebal dan lembut. Dinamakan souffle atau fluffy pancake, tekstur pancake yang lembut dan kenyal membuat hidangan ini selalu digemari banyak orang.

Teksturnya sangat lembut, apalagi jika dipadukan dengan whipped cream dan buah-buahan segar, seperti strawberry. Tekstur lembut dari fluffy pancake, didapatkan dari putih telur lalu dicampurkan dengan bahan-bahan pancake lainnya. Seperti tepung terigu hingga gula.


3. Dorayaki

Diawali dengan Dorayaki, Jajanan  Pancake a la Jepang Makin HitsFoto: Istimewa

Kalau kue yang satu ini sudah terkenal di berbagai negara, dan sudah ada sejak awal tahun 1900an. Hidangan pancake ini biasanya diisi dengan selai kacang merah, dan disebut dorayaki karena bentuknya seperti gong. Dalam bahasa Jepang, "dora" artinya gong.

Kini dorayaki isinya tidak hanya selai kacang merah saja, tapi bisa diisi dengan krim, cokelat, keju, hingga selai strawberry yang manis segar.


4. Kushi

Diawali dengan Dorayaki, Jajanan  Pancake a la Jepang Makin HitsFoto: Istimewa

Tak hanya bentuk ikan atau gong, Jepang juga punya pancake yang disajikan dengan tusuk sate. Namanya kushi, pancake jenis ini biasanya disajikan dengan irisan buah segar. Salah satu buah yang paling sering digunakan ada persik, strawberry, dan pisang.

Tekstur pancake juga lembut, mirip seperti fluffy pancake, hanya saja bentuknya lebih kecil. Bahan-bahan yang digunakan juga sama, ada kuning telur, putih telur, hingga buttermilk. Selain disajikan dengan buah, biasanya kushi juga dilengkapi dengan saus cokelat manis.


5. Imagawayaki

Diawali dengan Dorayaki, Jajanan  Pancake a la Jepang Makin HitsFoto: Istimewa

Selai kacang merah memang sudah menjadi bagian dari kue tradisional di Jepang. Pancake jenis imagawayaki, bentuknya bundar. Adonannya dibuat dari campuran terigu, telur, gula, dan air. Pancake ini jadi jajanan populer di Jepang, dan sudah ada sejak 300 tahun lalu.

Teksturnya renyah diluar, tapi lembut di dalam, dengan sensasi lelehan selai kacang merah yang masih hangat. Kue ini cocok disantap dengan teh hijau.

Baca Juga: Legit Enak Dorayaki dan Taiyaki, Pancake a la Jepang

(sob/odi)
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian