Snack Jepang Kekinian

Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan Kekinian

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 18 Mar 2019 17:48 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian
Jakarta - Rasanya yang akrab di lidah orang Indonesia membuat jajanan Jepang cepat populer. Ikuti perkembangan, tampilan dan rasanya juga kekinian.

Selain ramen dan sushi, jajanan Jepang juga amat populer di Indonesia. Mulai dari jajanan yang dibuat dari tepung hingga aneka olahan daging ayam dan seafood.

Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan KekinianFoto: Istock

Dorayaki disebut sebagai camilan khas Jepang pertama yang dikenal masyarakat Indonesia. Di Jepang, dorayaki sudah dikenal sejak dulu. Konon sebuah toko camilan di Ueno, Tokyo bernama Usagiya membuat dorayaki pertama di tahun 1914. Saat itu dorayaki mirip pancake. Sang pemilik toko mendapati ide awal lewat camilan manis yang berasal dari Eropa, yakni kasutera atau kue castella.

Nama 'dorayaki' berasal dari dua kata di bahasa Jepang, yakni 'dora' yang berarti gong dan 'yaki' yang berarti dipanggang. Nama ini diberikan karena kemiripan bentuk dorayaki dengan perkusi piringan logam gong.

Kudapan ini sendiri terbuat dari adonan yang mirip adonan pancake. Hanya saja dorayaki diberi isian berupa pasta kacang merah atau ogura. Camilan inilah yang disukai oleh robot kucing menggemaskan di film kartun Doraemon.

Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan KekinianFoto: detikfood

Orang Indonesia kenal dorayaki lewat serial Doramon pada tahun 1962. Di tahun itu, tepatnya pada tanggal 19 Agustus, Doraemon pertama kali disiarkan di stasiun tv TVRI. Kepopuleran sosok Doraemon yang gemar makan dorayaki dianggap jadi satu alasan yang membuat masyarakat mengenal kudapan manis tersebut.

Ketenaran nama dorayaki membuat para pengusaha kuliner mulai menjual dorayaki ke masyarakat luas. Karena sesuai dengan lidah orang Indonesia, saat ini dorayaki kemasan bahkan tersedia di supermarket.

Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan KekinianFoto: Istock

Selain dorayaki, ragam jajanan khas Jepang turut hadir dan populer di sini. Sebut saya takoyaki, okonomiyaki hingga yakitori atau kushiyaki. Semua jajanan yang biasa ada di pinggir jalan Negeri Sakura itu cocok di lidah orang Indonesia.

Saat ini, jajanan-jajanan tersebut mengalami perkembangan sehingga hadir dalam ragam rasa. Contohnya saja takoyaki, tidak selalu gurita, kini takoyaki juga disajikan dengan beragam isian seperti kepiting, keju, sosis ayam hingga smoked beef. Sausnya juga lebih beragam seperti saus mentai. Begitupun dengan okonomiyaki dan dorayaki.

Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan KekinianFoto: Istock

Dorayaki hadir dalam beragam varian rasa. Mulai dari isian cokelat, selai kacang, blueberry hingga cream cheese. Cita rasa dorayaki kekinian ini tentu amat berbeda dengan dorayaki klasik.

Lalu bagaimana dengan jajanan khas Jepang lainnya yang juga tak kalah populer seperti taiyaki, Japanese fluffy pancake, cheese tart juga cheesecake? Semua camilan khas Jepang itu amat populer dua tahun belakangan.

Simak ulasan khusus detikFood minggu ini untuk menemukan awabannya. Sebab kami akan mengulas ragam jajanan khas Jepang kekinian yang memiliki cita rasa lebih kaya. Itadakimasu! (dwa/odi)
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian