Empuk Enak Waffle dan Pancake

Legit Enak Dorayaki dan Taiyaki, Pancake a la Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 02 Apr 2016 14:49 WIB
Foto: Thinkstock/detikFood
Jakarta - Pancake tak hanya ada di Amerika dan Eropa saja. Di Jepang, ada varian pancake bernama dorayaki dan taiyaki. Keduanya berisi pasta kacang merah yang manis legit. Enaknya!

Mendengar dorayaki mungkin Anda langsung terbayang kue bundar kesukaan tokoh kartun Doraemon. Dorayaki terdiri dari dua tumpukan pancake bundar kecil. Bagian tengahnya lalu diisi pasta kacang merah Azuki.

Dorayaki bertekstur tebal dan empuk dengan warna cokelat keemasan. Adonan utamanya terbuat dari gula, tepung terigu, dan telur. Sama dengan adonan castella, yaitu sponge cake asal Jepang yang lembut.

Seiring perkembangan zaman, isian dorayaki turut divariasikan. Ada yang mengisinya dengan cokelat, pasta green tea, dan campuran pasta kacang merah dengan cincangan kacang atau mochi. Dorayaki a la Barat bahkan diisi pasta kacang merah bercampur whipped cream.

Tak sulit menemukan dorayaki di Jepang karena kudapan ini begitu populer. Dorayaki tersedia di supermarket lokal, toko makanan manis, hingga mini market.



Mirip dengan dorayaki, ada imagawayaki yang juga berisi pasta kacang merah. Bedanya, adonan imagawayaki lebih tebal dan tidak berbentuk lembaran. Isian kue ini juga mengalami penyesuaian. Ada yang memasukkan custard vanilla, custard buah-buahan, dan bahkan makanan gurih seperti mayonnaise dan kentang.

Masih menggunakan adonan pancake, ada taiyaki atau juga dikenal dengan sebutan kue ikan. Ini tak lain karena cetakakan ikan yang digunakan dalam pembuatan taiyaki. Isiannya juga sama dengan dorayaki yaitu pasta kacang merah.



Taiyaki dijajakan para penjaja kaki lima. Mereka menjual ragam taiyaki dengan isian custard, cokelat, keju, dan ubi. Untuk varian rasa gurih, ada taiyaki berisi tuna dan kol.

Dibanding dorayaki dan imagawayaki, tekstur adonan luar taiyaki lebih renyah. Sementara dalamnya tetap lembut kenyal.



Pancake a la Jepang ini kini mudah ditemui di Indonesia. Tai Parfait, misalnya, menyediakan taiyaki asal Tokyo dengan isian cokelat, matcha, kacang merah, dan custard cream. Topping taiyaki bisa dipilih sesuai selera seperti Banana Chocolate, Strawberry, Banana Caramel, Honey Comb, Mixed Fruits, hingga Green Tea Matcha.

Sementara Dorayaki dijual di Dorayaki Addict di Kuningan City atau Eaton Bakery di Mall Taman Anggrek. Jika ingin berkreasi membuat dorayaki akhir pekan ini, ikuti saja resep berikut.

(adr/odi)