Lezat dari Ranah Minang

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan hingga Vegetarian!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Mar 2019 12:15 WIB
Hidangan Minang Vegetarian di Loka Padang Foto: dok. detikFood Hidangan Minang Vegetarian di Loka Padang Foto: dok. detikFood
Jakarta - Rumah makan Minang ada yang mengusung konsep berbeda. Seperti diberi sentuhan Palembang, Peranakan, hingga dibuat khusus untuk vegetarian.

Tak hanya menyuguhkan menu asli Minangkabau, beberapa rumah makan Minang terbilang unik karena konsepnya berbeda. Sebut saja rumah makan Minang dengan sentuhan Palembang yang dihadirkan Pagi Sore.

Rumah makan di kawasan Cipete dan Jeruk Purut ini memang menghadirkan unsur masakan Palembang diantara deretan lauk Minang. Salah satunya gulai kepala ikan yang mirip pindang Palembang. Gulai ini terasa nikmat dengan sentuhan rasa asam yang pas.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan hingga Vegetarian!Gulai kepala ikan, sajian favorit di Pagi Sore Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Rumah Makan Padang Gaya Palembang

Ada juga rumah makan Minang dengan sentuhan peranakan. Konsep ini dihadirkan oleh Marco by Chef Marco Lim yang gerainya ada di mall-mall besar di Jakarta. Tak seperti rumah makan Minang pada umumnya, Marco lebih terlihat seperti restoran mewah dengan suasana bersantap istimewa.

Mengenai masakannya, chef Marco memadukan teknik memasak dan bahan-bahan makanan dari masakan China dan Padang. Ia menggunakan racikan resep turun temurun dan beberapa bahan yang masih didatangkan dari Padang.

Menu andalannya adalah Randang Itam Kayu Bakar. Sesuai namanya, rendang ini berwarna hitam karena bumbunya begitu meresap. Dimasak setidaknya 8 jam di atas kayu bakar.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan hingga Vegetarian!Randang Itam buatan Marco Padang Foto: Instagram marcopadang

Yang juga mengusung konsep Minang Peranakan adalah restoran Cikang di Menteng. Deretan menunya terinspirasi masakan di Pondok, Alang Lawas. Masakan ini terkenal sebagai Chinatown-nya kota Padang karena menjadi saksi sejarah kekayaan budaya serta terjaganya harmonisasi antara warga keturunan Tionghoa dengan etnis lainnya.

Menu unik dari Cikang adalah Mie Rebus Alang Laweh, berupa mie kuning dalam rendaman kuah kental bercampur telur kocok. Pelengkapnya sawi, wortel, potongan daging sapi, dan kerupuk merah. Selain itu, Cikang juga punya kopi dan dessert enak seperti es rojak cikang yang segar.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan hingga Vegetarian!Mie Rebus Alang Laweh bikinan Cikang Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Cikang: Lamaknyo! Berbuka dengan Nasi Uda Berlauk Dendeng Batokok yang Gurih Pedas

Paling berbeda dari yang lain, Loka Padang menghadirkan menu Minang khusus vegetarian. Tak ada penggunaan bahan hewani pada lauk di restoran ini. Semuanya dibuat memakai bahan nabati seperti kentang dan jamur yang menghadirkan rasa umami mirip daging.

Rumah Makan Minang Unik dengan Gaya Peranakan hingga Vegetarian!Sajian Minang vegetarian di Loka Padang Foto: Istimewa

Loka Padang ada di kawasan Sudirman. Pilihan menu di sini antara lain rendang kentang, rendang jamur, jamur krispi balado, gulai jamur, pepes tahu, hingga soto Padang.

Tersedia juga pilihan hemat dan praktis seperti Paket, A, B atau C. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah lauknya dengan pilihan terbanyak adalah 3 lauk. Tertarik coba?

Baca Juga: Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang Kentang

(adr/odi)