Rumah Makan Padang Gaya Palembang

- detikFood Senin, 29 Nov 2010 11:02 WIB
Jakarta - Kita sudah mengenal beberapa rumah makan yang menyajikan masakan Padang bernuansa Melayu-Deli (misal: Garuda, Bahagia, Padang Ekspres, dll), tetapi mungkin belum mengenal masakan Padang dengan sentuhan Palembang?

Kalau belum, sudah waktunya Anda singgah ke RM Pagi-Sore. Pusatnya memang di Palembang, tetapi sekarang sudah punya tiga cabang di Jakarta.

Caveat! Sekalipun namanya sama, rumah makan ini tidak ada hubungannya dengan RM Pagi Sore yang populer di Padang. Uniknya, kedua rumah makan bernama sama ini sama-sama mengandalkan ayam goreng sebagai hidangan juara mereka. Dengan melihat sepintas pun, para penggemar fanatik RM Pagi Sore Padang akan sudah dapat menebak bahwa yang ini tidaklah sama.

RM Pagi-Sore Palembang ini - bagi saya - unggul dalam hal sambal cabe merahnya. Ini memang unik. Biasanya, rumah makan Padang justru mengunggulkan sambal cabe hijaunya yang lemak benar. Di sini, saya bisa menghabiskan sepiring kecil sambal cabe merahnya yang juara. Sambal yang sama juga dipakai untuk dendeng batokok-nya yang harus diacungi jempol mutunya.

Ayam goreng-nya sendiri (Rp 12 ribu) - bagi saya - termasuk top markotop. Sama-sama dibuat dari ayam kampung, di sini bagian dalamnya lebih moist dibanding RM Pagi Sore Padang. Ukurannya pun sedikit lebih besar. Disajikan dengan kremesnya yang banyak disukai orang.

Yang mak nyus adalah gulai kepala ikan-nya (Rp 40 ribu). Bahan kepala kakapnya segar, dengan bumbu gulai yang bernuansa pindang Palembang. Hint rasa asamnya sangat cantik. Santannya juga tidak terlalu kental, sehingga dapat disantap tanpa terlalu merasa "berdosa". Kepala ikannya dimasak dengan pas, sehingga masih lembut dan lunak. Kalau Anda pun penyuka gulai kepala ikan, RM Pagi-Sore ini adalah pilihan tepat.

Lauk lain yang harus dicoba bila singgah ke sini adalah: sambal terong dengan ikan gabus asin, bilis cabe hijau, gulai tunjang, rendang, cincang sapi, dan ikan kembung goreng yang disajikan dengan sedikit sambal.

Untuk lebih menunjukkan ciri khas Palembang-nya, disediakan srikaya khas Wong Kito Galo sebagai pencuci mulut. Untungnya, srikaya ini sudah disesuaikan tingkat kemanisannya dengan selera orang Jakarta. Artinya, tidak terlalu manis.

Selain cabang terbaru di Jalan Cipete ini, RM Pagi-Sore juga sudah lebih dulu buka di Rawamangun (021 47860000), dan di Cempaka Putih (021 4214961). Kalau Anda "tukang" makan, tempat ini mungkin cocok bagi Anda. Soalnya, nasi putih di sini disediakan tanpa bayar. Silakan makan sepuasnya. 

Di hari Minggu, restoran-restoran Pagi-Sore justru ramai oleh keluarga-keluarga yang ingin menikmati masakan Padang dalam suasana yang lebih berkelas. Saya pernah ke sana pada hari Minggu tengah hari dan tidak berhasil mendapat tempat parkir. (Bondan Winarno)

RM Pagi-Sore
Jl. Cipete II/1
Jakarta Selatan
Telp: 021 7667000

(dev/Odi)