Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang Kentang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 07 Jan 2019 11:35 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pencinta nasi Padang kini bisa coba menu favoritnya dalam versi vegan. Pilihan lauknya berbahan jamur, tahu, hingga kentang.

Belum lama dibuka, restoran Loka Padang langsung jadi perbincangan hangat karena mengusung konsep unik. Loka Padang mengklaim sebagai penyedia makanan Padang vegan pertama di Jakarta.

Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang KentangLoka Padang berlokasi di kawasan Sudirman (Foto: dok. detikFood)

Pola hidup vegan dipromosikan pihak restoran baik bagi kesehatan serta lingkungan. Pemakaian produk lokal juga jadi hal utama dalam membuat menu-menu di Loka Padang.

Mampir ke restorannya di kawasan Sudirman, kami disambut interior meriah berwarna kuning cerah. Salah satu dindingnya ditempeli poster unik yang memuat ungkapan dalam bahasa Padang. Mulai dari "Tambuah Ciek," "Labih Lamak Makan Sayur," dan "Ajun Dimakan Lah Taraso" atau berarti "Belum Dimakan Sudah Terasa."

Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang KentangArea bersantap di Loka Padang (Foto: dok. detikFood)

Soal menu, Loka Padang tawarkan kategori Kudapan, Lauk-Pauk, Sayur-Mayur, dan Lain-lain. Pilihan lauknya ada rendang kentang, rendang jamur, jamur krispi balado, gulai jamur, pepes tahu, hingga soto Padang.

Kalau mau lebih hemat dan praktis, bisa pilih menu Paket, A, B atau C. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah lauknya. Paket C dengan 3 lauk (Rp 45.000) jadi pilihan kami saat santap siang di sini.

Pelayan dengan sigap menambahkan lauk-pauk dan sayur mayur ke dalam piring nasi. Pengunjung diperbolehkan melihat dulu deretan lauk yang dipajang di bagian depan restoran.

Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang KentangNasi rames Paket C dengan tiga pilihan lauk (Foto: dok. detikFood)

Seporsi nasi rames kami terlihat 'meriah' dengan 3 lauk plus sayur. Yang menarik perhatian adalah rendang kentang dengan balutan bumbu berwarna cokelat gelap.

Hmm.. Aroma gurih bumbu khas rendang daging tercium samar-samar dari sajian ini. Bedanya yang jadi primadona bukan daging sapi tapi 5 butir baby potato empuk dengan selingan tekstur sedikit renyah. Untuk bumbu rendangnya terasa gurih manis dengan jejak rasa kelapa yang enak. Hanya saja jumlah bumbu rendang ini tak terlalu royal.

Puas dengan rendang, jamur krispi balado jadi incaran kami. Nampak jamur tiram dibalut tepung roti lalu digoreng kering. Penyempurnanya siraman sambal balado dengan gerusan kasar kulit cabe merah.

Kress! Renyahnya jamur tiram berpadu enak dengan sambal balado yang gurih sedikit pedas. Menu vegan ini mengingatkan kami akan dendeng balado yang memang sangat populer di restoran Padang. Bagi kami, paduan jamur tiram goreng dan sambal balado ini terasa sangat enak.

Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang KentangRendang kentang, jamur krispi balado, dan gulai jamur sebagai lauk nasi rames (Foto: dok. detikFood)

Sementara itu, gulai jamur berisi potongan jamur kancing dengan kuah gulai yang encer. Irisan jamurnya terasa kenyal dengan rasa 'earthy' jamur yang kuat. Bagi yang tak terlalu suka rasa seperti ini, agaknya akan merasa hidangan ini 'terlalu jamur.' Sementara kuah gulainya tak terlalu gurih, kental, maupun pekat.

Sepiring nasi rames kami lebih lengkap dengan siraman sayur ubi tumbuk dengan kuah agak encer. Loka Padang juga menyertakan sambal ijo yang agak basah dalam jumlah royal. Meski tendangan pedasnya tak terlalu kuat, sambal ijo ini sukses bikin nasi rames kami makin nikmat.

Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang KentangEs teler versi sehat di Loka Padang (Foto: dok. detikFood)

Untuk menutup santapan, Es Teler Loka (Rp 26.000) jadi pilihan pas. Disajikan di mangkuk kaca, es teler diracik dari irisan kelapa muda, nangka, dan alpukat kocok. Kuah santannya terasa gurih ringan dengan jejak manis gula yang samar-samar. Kami menduga menu ini juga merupakan alternatif es teler yang lebih sehat.

Nah, bagi para vegan atau pun non-vegan yang mau coba nasi Padang sehat, Loka Padang bisa jadi pilihan santap siang ini. Deretan lauknya dijamin sehat, rendah kalori, dan tinggi serat. Mampir yuk!

Loka Padang
Sudirman Park Blok C.27, Jakarta Pusat
Telepon: 021 25981463

(adr/odi)