Soto Nusantara Enak

Melintasi Jalur Pantura, Jangan Lupa Mampir ke 5 Warung Soto Legendaris Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 21 Feb 2019 15:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Tak sulit menemukan soto di pulau Jawa, termasuk di sepanjang jalur pantura. Kalau melintas jalan panjang lintas Jawa ini, jangan lupa mampir untuk santap soto.

Mulai dari Cirebon, Tegal, Pemalang hingga Pekalongan ada beberapa warung soto legendaris yang punya sajian mantap. Berikut beberapa warung soto di sepanjang jalur Pantura.

1. Empal Gentong Mang Dharma
Melintasi Jalur Pantura, Jangan Lupa Mampir ke 5 Warung Soto Legendaris Ini Foto: Istimewa
Di Cirebon coba singgah di warung empal gentong Mang Dharma. Di sini sajian empal gentongnya mantap dan gurih dengan daging berlimpah.

Soto ala Cirebon ini dimasak dalam kuali tanah liat yang disebut gentong. Semangkuk empal gentong berisi potongan daging dan jeroan ini diguyur kuah gurih berempah. Makin enak lagi kalau disantap dengan lontong dan sambalnya.

Baca juga : Dari Pikulan, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Jadi Soto Legendaris Indonesia

2. Sauto Tauco
Melintasi Jalur Pantura, Jangan Lupa Mampir ke 5 Warung Soto Legendaris Ini Foto: Istimewa

Kedai sauto tauco ini ada di Tegal, lokasinya persis di dekat Alun-alun Masjid Agung Tegal. Soto ini punya rasa dan unik dan dijamin bisa memperkaya pengetahuan kuliner Nusantara Anda.

Tak seperti kebanyakan soto lain, sauto ini diberi tambahan tauco yang membuat kuahnya maakin gurih dan kental. Semangkuk sauto berisi irisan daging ayam atau babat, bihun hingga tauge. Paling enak makan sauto ditambah sambal kecap rawit.

3. Soto Grombyang H. Warso
Melintasi Jalur Pantura, Jangan Lupa Mampir ke 5 Warung Soto Legendaris Ini Foto: Istimewa

Semangkuk soto grombyang tak boleh dilewatkan kala melintas di Pemalang, Jawa Tengah. Warung soto grombyang yang terkenal adalah kedai H. Warso di Jalan R.E Martadinata. Di sini lidah bisa dimanjakan dengan semangkuk soto hangat khas Pemalang.

Soto ini, pelayan akan mengulek cabai rebus di dalam mangkuk kecil kemudian diberi nasi dan dituang kuah hitam berisi daging. Warna hitam pada kuah ini berasal dari kelapa parut yang disangrai hingga hitam.

4. Tauto Ahmad Tjarlam
Melintasi Jalur Pantura, Jangan Lupa Mampir ke 5 Warung Soto Legendaris Ini Foto: Istimewa

Kalau sudah sampai di Pekalongan jangan hanya belanja batik saja tapi coba manjakan lidah dengan tauto. Satu kedai legendaris yang terkenal yakni tauto Ahmad Tjarlam.

Warung yang sudah ada sejak 1950-an ini menyajikan tauto yakni soto dengan tambahan tauco gurih. Seporsi tauto ini berisi bihun, daging dan siraman kuah kaldu. Tauto bisa disantap dengan nasi atau lontong.

Baca juga : 5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga Banjarmasin

5. Soto Bangkong
Melintasi Jalur Pantura, Jangan Lupa Mampir ke 5 Warung Soto Legendaris Ini Foto: dok. detikFood

Soto Bangkong di Semarang ini bukan terbuat dari daging bangkong atau kodok. Soto bangkong adalah racikan soto ayam yang sudah terkenal sejak tahun 1950-an.

Soto yang disajikan dalam mangkuk kecil ini berisi bihun, tauge serta irisan daging ayam kampung. Makan soto bangkong bisa didampingi sate kerang, perkedel hingga tempe goreng.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak