Soto Nusantara Enak

5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga Banjarmasin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Soto ayam termasuk soto populer di Indonesia. Racikannya berbeda di tiap daerah seperti di Lamongan hingga Banjarmasin.

Penggemar soto ayam wajib cicip soto ayam enak dari 5 daerah di Indonesia. Meski menggunakan suwiran ayam sebagai bahan utamanya, ada banyak paduan bahan lain dari semangkuk soto ini. detikFood merangkum informasinya seperti berikut.

1. Soto Kudus

5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga BanjarmasinFoto: Istimewa

Foto: Instagram jogjaculinary
Sesuai namanya, soto Kudus berasal dari wilayah Kudus, Jawa Tengah. Ciri khasnya ialah disajikan di mangkuk porselen kecil. Biasanya nasi dicampur bersama isian soto Kudus seperti suwiran daging ayam, tauge, seledri, dan bawang putih goreng.

Untuk kuahnya, soto Kudus berwarna kuning keruh. Paling enak ditambahkan perasan air jeruk nipis dan sambal cabe rawit. Soto Kudus juga disandingkan dengan aneka pelengkap seperti perkedel, tempe goreng, sate kerang, sate telur puyuh, hingga sate ati ampela.

Baca Juga: Soto Kudus, Disajikan dalam Mangkuk Mungil yang Bikin Ketagihan!

2. Soto Lamongan

5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga BanjarmasinFoto: Istimewa

Foto: Instagram voilajogja
Bisa dibilang soto Lamongan adalah jenis soto ayam terpopuler. Asalnya dari Lamongan, Jawa Timur dengan ciri khas rasa gurih yang kuat. Kuah soto ini memakai bumbu kuning yang diracik dari kemiri, kunyit, bawang putih, dan banyak bumbu lainnya.

Untuk isian memakai suwiran ayam kampung/negeri, suun yang direbus, irisan kol, tomat, dan telur rebus. Ada juga pemakaian ati ampela, uritan/telur muda, ceker ayam, dan sayap ayam pada soto ini. Yang jadi ciri khas adalah taburan koya. Dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng yang ditumbuk halus seperti bubuk. Koya menghadirkan rasa gurih yang bikin banyak orang ketagihan.

Baca Juga: Ini 5 Keunikan Soto Lamongan yang Bikin Aruna Ketagihan

3. Soto Banjar

5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga BanjarmasinFoto: Istimewa


Foto: dok. detikFood
Dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan ada soto Banjar yang terkenal enak. Soto ini menghadirkan kuah kaya rempah karena ditambahkan kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto Banjar paling umum dinikmati sebagai sarapan di daerah asalnya.

Untuk meracik soto Banjar, awalnya bumbu ditumis dengan minyak goreng atau minyak samin lalu dibungkus dalam kantung kain bersama kaldu ayam. Karenanya kuah soto ini bening, meski ada juga yang keruh karena dicampur susu. Isian soto Banjar antara lain suwiran ayam, perkedel kentang, telur bebek rebus, dan ketupat. Bisa juga dimakan dengan nasi hangat.

Baca Juga: Nyam! Hangat Gurih Soto Banjar, Enak Disantap Malam Ini

4. Soto Kwali

5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga BanjarmasinFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Solo punya soto ayam enak bernama soto kwali. Disebut kwali karena soto ini memakai kaldu yang dimasak di kwali alias panci tanah liat besar. Pemakaian kwali kabarnya membuat rasa soto lama kelamaan makin enak karena bumbu dan kaldunya akan meresap.

Racikan soto kwali bisa memakai daging sapi atau suwiran ayam kampung. Bahan lainnya ada tauge rebus, daun bawang, bawang putih goreng dan bawang merah goreng. Bisa dinikmati polos atau dicampur dengan nasi putih. Untuk teman menyantap soto kwali ada pelengkap sate telur puyuh, paru, kerang, hingga ati ampela ayam kampung.

Baca Juga: Murah dan Sedep! Soto Kwali Daging dan Ayam Kampung Khas Solo

5. Soto Kemiri

5 Varian Soto Ayam Enak dari Lamongan hingga BanjarmasinFoto: Istimewa

Foto: Instagram tayufoodies
Mirip soto Kudus, ada soto kemiri yang nikmat dari Desa Kemiri, Pati, Jawa Tengah. Soto ayam ini diracik dengan paduan kemiri halus sebagai kuah kaldunya. Soto kemiri juga disajikan dalam mangkuk porselen kecil.

Isian soto ini lengkap seperti nasi putih, tauge rebus, suwiran ayam dan bawang putih goreng dengan siraman kuah yang sedikit keruh dengan aroma gurih enak.
Tersedia juga sate pelengkap seperti ati ampela, telur puyuh, leher ayam, potongan daging ayam berbumbu kecap hingga paru sapi. Biasanya soto ini dijual dengan harga terjangkau per mangkuknya.

Baca Juga: Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa Kemiri

(adr/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak