Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa Kemiri

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 04 Jan 2019 16:00 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Berasal dari Pati, soto kemiri berkuah hangat ini enak dinikmati malam hari. Ada juga mangut ikan pari dengan kuah kental dan pedas. Dijamin ketagihan!

Bagi kamu yang ingin menikmati masakan tradisional bisa mampir ke sini. Tidak harus makan siang atau malam, tetapi juga bisa sarapan enak di sini. Soto ayamkhas Pati ini memang populer dengan sbeutan Soto Kemiri. Kemiri merupakan desa asal soto ini.

Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa KemiriFoto: Dok. detikFood

Penyajian soto ini hampir sama dengan soto Kudus, hanya saja kuah kaldu yang dibuat agak sedikit berbeda. Soto kemiri khas Pati ini dibuat dengan paduan kemiri yang dihaluskan dalam kuah kaldunya.

Baca juga: Beau: Gurihnya Croque Monsieur Berpadu Turmeric Latte untuk Brunch

Lokasinya ada di Jalan Cikajang, Jakarta Selaran Soto Kemiri ini sudah ada sejak tahun 2010 lalu. Selain sajikan soto yang jadi andalannya ada juga hidangan khas Pati lainnya. Seperti garang asam ayam , mangut iwak pe hingga nasi gandul.

Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa KemiriFoto: Dok. detikFood

Semangkuk Soto Kemiri (Rp 15.000) disajikan dalam mangkuk keramik China kecil, seperti soto Kudua. Isiannya berupa nasi putih, tauge rebus, suwiran ayam dan bawang putih goreng dengan siraman kuah soto yang sedikit keruh dengan aroma gurih enak.

Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa KemiriFoto: Dok. detikFood

Slurp! Kaldunya gurih dengan semburat rasa soto yang segar. Apalagi ketika menyeruput kuahnya, terasa mantap ditambah dengan air jeruk nipis yang segar enak. Padukan bersama dengan aneka sate (Rp 10.000). Satenya terdiri dari ati ampela, telur puyuh, leher ayam, potongan daging ayam berbumbu kecap hingga paru sapi.

Potongan hati ampela ayam pada satenya cukup besar dan ada juga potongan daging ayam dengan bumbu cokelat yang gurih manis. Hati-hati, kalau coba satu nanti ketagihan!

Selain soto sebenarnya kami sangat ingin mencicip garang asam, namun ketika kami datang sajian spesial ini belum matang. Sehingga kami disarankan untuk memesan Mangut Ikan Asap (Rp 65.000) yang berkuah santan pedas.

Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa KemiriFoto: Dok. detikFood

"Hampir semua orang pesen garang asam kalau ke sini selain soto. Tapi banyak juga polisi-polisi yang sering menyantap makan siang berupa mengut ikan asap," jelas salah satu karyawan Soto Kemiri yang berlokasi di dekat PTIK, Jakarta Selatan (04/01).

Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa KemiriFoto: Dok. detikFood

Mangut ikan pari atau yang disebut mangut iwak pe berkuah kuning dengan sebaran minyak di permukaannya dan berisi dua potong. ikan pari asap Disajikan hangat-hangat, ikan pari asapnya memiliki rasa 'smoky' yang tajam. Tekstur dagingnya padat berserat dan tak amis. Di dalam kuah kuningnya terdapat potongan cabai rawit yang siap membuat lidah tersengat.

Makin enak dinikmati bersama dengan nasi hangat dan juga kerupuk. Huah, pedas enak! Rasa pedasnya kami bilas dengan Es Kawis (Rp 15.000). Es ini dibuat dari sirup kawista yang didatangkan dari kota Rembang. Buah kawista yang harum aromanya merupakan buah unik dari Rembang.

Rasanya manis dengan semburat aroma kawista yang enak. Karena sebelumnya kami belum pernah mencicip buah kawista, namun rasanya mirip dengan permen karet sedikit manis dan asam.

Hari ini sangat puas menyantap soto, mangut dan es kawista. Kapan-kapan rasanya ingin mencoba garang asam yang jadi andalan tempat makan ini. Kalau kangen masakan khas Pati, mampirlah ke sini. Bakal ketagihan!

Baca juga: Mister-Sunday: Bersantai Sambil Mencicip Creamy Mushroom Dijon Chicken yang Gurih

Soto Kemiri (Dapur Cikajang)
Jl. Cikajang No. 55
Telp: (021) 7260659 (lus/odi)