Kota Ini Diselimuti Bau Busuk dari Limbah Seafood Belasan Tahun

Sonia Basoni - detikFood Senin, 11 Feb 2019 12:42 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kota St. Mary di Kanada diselimuti bau busuk dari pabrik saus seafood yang ditutup belasan tahun lalu. Bau busuk sausnya tetap menyengat hingga sekarang.

Sekitar tahun 2002 perusahaan Atlantic Seafood Sauce menutup pabrik mereka di kota St. Mary's, Nefwoundland, Kanada. Penutupan ini menyebabkan ratusan tong berisi saus itu tertinggal di sana.

Baca Juga: Ups! Gara-gara Makan Telur dan Daging, Kentut Bisa Berbau Busuk
Kota Ini Diselimuti Bau Busuk dari Limbah Seafood Belasan TahunFoto: Istimewa
Namun 17 tahun kemudian bau busuk dari saus seafood itu tetap tercium, dan menjadi polusi udara di kota St. Mary's. Bau busuk yang berasal dari pabrik itu, menimbulkan banyak bahaya kesehatan sekaligus membuat penduduk sekitar menjadi tidak nyaman dengan aromanya.

Dilansir Munchies (09/02), banyak warga di kota St. Mary yang sehari-harinya menggunakan masker N95 untuk menghindari bau busuk saus.

"Ketika aromanya mulai tercium, kami langsung menutup jendela dan pintu. Mirip seperti orang di penjara," ungkap salah satu warga di sana bernama Muriel Whelan. Bahkan aroma saus ini semakin parah ketika musim panas tiba, dan para warga mulai panik ketika melihat pihak pemerintah yang datang mengunjungi bekas pabrik itu dengan pakaian pelindung lengkap.
Kota Ini Diselimuti Bau Busuk dari Limbah Seafood Belasan TahunFoto: Istimewa
Menurut CBC, pihak pemerintah St. Mary's sudah berusaha mencari perusahaan dari pabrik ini untuk mengangkat semua tong berisi seafood saus yang masih ada. Tapi ternyata tidak semudah itu pembersihannya, di tahun 2016 sebuah perusahaan swasta disewa untuk membersihkan pabrik itu, dan mulai mengeluarkan sisa saus ke lautan, tapi mereka diminta untuk berhenti.

Lalu ketika wakil walikota St. Mary's, Steve Ryan mencoba untuk menyewa orang lain, tidak ada yang mau mengambil tawaran ini.

"Mereka mengatakan selama 30 tahun menjalani pekerjaan untuk membersihkan tempat, mereka sempat kaget ketika melihat banyak sekali limbah makanan di sana. Anehnya tidak ada tikus sama sekali, mereka bilang bahwa tikus tahu jika limbah makanan itu sudah beracun," tutur Ryan.
Kota Ini Diselimuti Bau Busuk dari Limbah Seafood Belasan TahunFoto: Istimewa
Selain kesulitan mencari orang yang mau membersihkan pabrik saus ini, pemerintah juga harus menyiapkan dana sebesar $525,900 (Rp 7,3 miliar). Hingga saat ini pihak pemerintah masih berusaha untuk membersihkan saus seafood dari pabrik tersebut.

Baca Juga: Dikira Gas Bocor, Bau Durian Busuk Bikin Ratusan Mahasiswa Australia Dievakuasi (sob/odi)