Dikira Gas Bocor, Bau Durian Busuk Bikin Ratusan Mahasiswa Australia Dievakuasi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Apr 2018 08:24 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Durian terkenal memiliki aroma menyengat. Sebuah durian busuk di universitas Australia sebabkan kepanikan karena munculkan aroma mirip gas bocor.

Bagi orang Indonesia, aroma harum durian yang khas dan agak menyengat adalah bau 'surga.' Aroma ini justru bisa membuat pengalaman menikmati durian lebih enak lagi.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk orang-orang di luar negeri, terutama di negara Barat. Bau durian dianggap sangat menyebalkan, sampai-sampai ada larangan membawa durian ke sarana transportasi umum.

Baca Juga: Ini Alasan Buah Durian Tak Boleh Dibawa Masuk ke Transportasi Umum

Dikira Gas Bocor, Bau Durian Busuk Bikin Ratusan Mahasiswa Australia DievakuasiFoto: Odilia Winneke

Mereka pun tidak bisa membedakan bau durian dengan bau gas bocor. Kejadian unik ini baru saja terjadi di universitas Royal Melbourne Institute of Technology di Melbourne, Australia.

Dilaporkan Fox News (30/4), 600 orang yang berada di area perpustakaan kampus sempat dievakuasi karena dugaan kebocoran gas. Juru bicara Metropolitan Fire Brigade mengatakan aroma mirip gas bocor ini memenuhi sistem pendingin udara.

Dikira Gas Bocor, Bau Durian Busuk Bikin Ratusan Mahasiswa Australia DievakuasiFoto: Istimewa

Petugas berwajib lalu mengenakan masker khusus untuk mencari sebab kebocoran gas. Siapa sangka, mereka tidak menemukan sumber kebocoran gas. Yang terlihat hanyalah sebuah durian busuk di lemari.

"Setelah evakuasi awal yang ternyata keliru, New Academic Street dan perpustakaan kini kembali beroperasi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan di kampus," ujar pihak universitas Royal Melbourne Institute of Technology melalui Twitter.

Mengenai bau durian yang menyengat, peneliti menemukan enzim methionine gamma lyase (MGL) pada durian merupakan penyebabnya. Enzim ini mengatur produksi senyawa sulfur volatile (VSC) yang memicu bau tak sedap pada durian.

Baca Juga: Peneliti Beberkan Fakta Ilmah Dibalik Bau Menyengat Durian (adr/odi)