Dipha Barus Suka Ngopi Sambil Ngemil Singkong Rebus

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 09 Feb 2019 05:59 WIB
Foto: Dipha Barus (istimewa) Foto: Dipha Barus (istimewa)
Jakarta - Dipha Barus penyuka kopi robusta dari biji kopi lokal. Menu pendamping ngopinya pun sajian tradisional berupa singkong rebus.

Saat ini, kopi tak hanya jadi minuman sumber kafein. Kopi jadi sebuah gaya hidup terlebih di kalangan millenial ibukota. Berjamurnya kedai kopi jadi salah satu buktinya.

Dipha Barus Suka Ngopi Sambil Ngemil Singkong Rebus Foto: iStock
Banyak anak muda yang memilih nongkrong di kedai kopi. Tentunya sambil menikmati cita rasa kopi serta aroma semerbaknya. Kalau anak muda kini lebih suka dengan seduhan biji kopi arabika yang lebih fruity, idola mereka, DJ Dipha Barus justru penyuka kopi robusta.

Kopi robusta sendiri memiliki rasa yang cenderung netral dan pahit. Kadar kafein kopi robusta juga lebih tinggi dibanding kopi arabika. Untuk jenis biji kopinya, Dipha penyuka biji kopi Toraja dan Aromanis dari Jawa Barat.

Baca juga: Mau Cicip Kopi Aromanis? Kopi Beraroma Manis Ceri dari Garut

Dipha Barus Suka Ngopi Sambil Ngemil Singkong Rebus Foto: dok. Dipha Barus
Sedangkan untuk racikan kopinya, disc jockey ini penyuka racikan kopi pahit tanpa susu alias espresso. "Saya suka yang tidak pakai susu karena saya vegan. Ya (espresso) dan hangat," jelas pada detikFood saat ditemui di acara Music Drip di bilangan SCBD, Jakarta (7/2/2019).

Tak jarang Dipha meracik sendiri kopinya di rumah dengan teknik manual brewing. Ia juga punya mesin penggiling biji kopi sendiri di rumah. Pertanda kalau dirinya memang pencinta kopi.

Saking doyannya, kalau pergi ke wilayah yang baru yang ia cari bukanlah restoran steak ataupun kafe kekinian, melainkan kedai kopi. "Ke daerah mana gitu, kulinernya lebih ke kuliner kopi sebenernya," tuturnya.

Dipha Barus Suka Ngopi Sambil Ngemil Singkong Rebus Foto: Muhammad Ridho
Menurut pria kelahiran 4 Januari 1986 itu, kopi bisa meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan lagu. "Harus minum kopi dulu baru ngerencanain hal-hal apa yang ingin dilakuin," pungkasnya.

Karena vegan, Dipha punya menu andalan yang sering dijadikan pendamping kopi. Menu itu terbilang sederhana namun bercitarasa lezat. Ya, singkong rebus. Menurutnya paduan singkong rebus dan kopi jadi paduan yang manjakan lidahnya.

"Biasanya minum kopi makan singkong rebus sama liatin update terbaru dari buzzfeed," jelasnya dengan senyum lebar.

Baca juga: Meski Berdiet Tetap Bisa Makan Hidangan Enak dari Konnyaku di Restoran Ini (dwa/odi)