Meski Berdiet Tetap Bisa Makan Hidangan Enak dari Konnyaku di Restoran Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 07 Mar 2018 16:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Makanan sehat tidak harus selalu hambar dan menyiksa, di Fit Lo-kal Anda bisa menikmati makanan enak terbuat dari konnyaku.

Terletak di bawah gym 20Fit di kawasan Cipete, Jakrta Selatan, restoran Fit Lo-kal menawarkan makanan sehat rendah kalori yang enak. Sesuai namanya, Fit, memiliki arti untuk membuat orang menjadi lebih sehat. Karenanya restoran ini menyajikan makanan yang terbuat dari konnyaku.

Konnyaku merupakan salah satu bahan makanan khas Jepang yang memiliki tekstur seperti agar. Tak hanya rasanya saja yang enak, konnyaku memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan serta menurunkan berat badan.
Meski Berdiet Tetap Bisa Makan Hidangan Enak dari Konnyaku di Restoran IniFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Berdiet Karbohidrat Tapi Ngidam Mie? Makan Saja Shirataki yang Rendah Kalori

Dari sana lah Fit Lo-kal dibentuk. Diperkasai oleh Bams, mantan vokalis Samson sebagai salah satu pemilik dari Fit Group yang bergerak di bidang kesehatan. Dibantu oleh Dipha Barus sebagai marketing, dan dua temannya sebagai ahli gizi dan chef.

"Kami membuka restoran ini untuk mendorong gaya hidup sehat, dengan menyajikan makanan cita rasa lokal yang cocok dengan selera orang Indonesia, namun tetap sehat dan rendah kalori," ungkap Bams kepada detikFood ketika ditemui di acara peresmian Fit Lo-kal (07/18).

Resto ini terbilang unik, karena semua bahan makanan menggunakan bahan dasar konnyaku. Anda bisa memilih nasi, kwetiaw, atau mie yang semuanya terbuat dari konnyaku. Setelah itu bisa memilih topping daging sapi, ayam, dan tersedia juga untuk vegetarian.
Meski Berdiet Tetap Bisa Makan Hidangan Enak dari Konnyaku di Restoran IniFoto: dok. detikFood

Selanjutnya memilih saus, bisa original, ebi, dan sesame. Tingkat kepedasan juga bisa diatur sesuai selera. Ada juga menu terbaru Rice Bowl Sambal Matah yang disajikan dengan irisan konnyaku dibalut tepung panir yang gurih.

"Semua makanan di sini bebas MSG, dan dibuat dari bahan-bahan pilihan. Seperti daging, kami memilih daging sapi tanpa lemak, dan dada ayam. Untuk telur juga kami hanya menggunakan bagian putihnya saja, jadi kalori tetap terjamin," jelas Bams.
Meski Berdiet Tetap Bisa Makan Hidangan Enak dari Konnyaku di Restoran IniFoto: dok. detikFood

Setiap menu yang ditawarkan oleh Fit Lo-kal, takaran kalorinya berkisar antara 130 hingga 250 kalori saja. Hitungan kalori ini juga sudah melalui proses uji lab jadi sudah terjamin takarannya. Hargamya juga cukup terjangkau satu porsinya dibanderol mulai dari Rp. 35,000 - Rp. 45,000.

"Kami sebisa mungkin membuat restoran sehat yang enak dengan harga masih terjangkau karena selama ini makanan sehat identik dengan mahal dan tiak enak. Kami juga menyajikan menu yang sudah familiar di mata orang Indonesia," tambah Bams yang mengaku bahwa dengan mengonsumsi makanan konnyaku ini berat badannya turun hingga 12 kg.

"Saya berharap dengan hadirnya Fit Lo-Kal, dapat mengajak orang-orang untuk lebih hidup sehat dengan cara yang realistis dan tidak menyiksa," pungkas Bams. (sob/odi)