Kaget! Beli Ketan Bakar Bambu, Wanita Ini Temukan Kadal Mati

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 29 Jan 2019 11:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kadal juga bisa masuk ke dalam makanan dan dimasak. Wanita ini temukan seekor kadal mati di dalam kue ketan yang dibungkus dengan bambu.

Beberapa minggu yang lalu kabar mengejutkan datang dari pelanggan yang membeli Irvins. Di dalam camilan keripik terkenal asal Singapura ini ternyata ada kadal mati yang secara tak sengaja tergoreng dan masuk ke dalam kemasan.

Baca juga: 8 Bulan Lalu, Wanita Ini Juga Temukan Kadal di Keripik 'Irvins'

Kali ini dikutip mStar dalam World of Buzz (28/01), seorang wanita dari Thailand bernamaa Junto Gaewpuong berbagi pengalaman traumatisnya setelah ia menemukan hewan sejenis kadal yang ada di dalam Khao Lam Rice alias ketan dalam bambu. Kue tersebut ia beli dari Stasiun Kereta Api Surin di Thailand pada Selasa (22/01/2019).

Kaget! Beli Ketan Bakar Bambu, Wanita Ini Temukan Kadal MatiFoto: Istimewa

Wanita berusia 62 tahun ini membeli kue ketan ini saat hendak kembali ke Surin setelah mengunjungi sepupunya di provinsi Nothaburi sekitar jam 4 pagi. Ketika ia melihat penjual makanan di sepanjang stasiun kereta api, dia memutuskan untuk membeli ketan Khao Lam dari salah satu penjual makanan di stasiun.

Gaewpuong telah membayar 20 baht atau sekitar Rp 8.900 untuk lima buah ketan. Kala itu, penjual makanan memberi Gaewpuong tambahan satu secara gratis. Senang mendapat enam buah ketan dalam bambu. Ketika dinikmati, Gaewpuong kaget bukan kepalang. Ada seekor kadal mati di dalam ketan tersebut.

Kaget! Beli Ketan Bakar Bambu, Wanita Ini Temukan Kadal MatiFoto: Istimewa

"Saya hanya memakan satu gigitan. Setelah itu, saya membelah bambu dan saya sangat terkejut ada kadal di dalamnya. Melihat ini rasanya mual sekaligus kaget," cerita Gaewpuong.

Dengan adanya kejadian ini, Gaewpuong mengaku tidak mau lagi membeli makanan ini.

Baca juga: Menjijikkan! Wanita Ini Temukan Kadal Mati dalam Salad Buatannya

Setelah pengalaman traumatisnya ini, Gaewpuong menyarankan semua penjual makanan untuk lebih memperhatikan makanan yang ia jual kepada pelanggan mereka. Dia menyatakan bahwa mereka harus selalu sadar akan kebersihan produk mereka.

Kaget! Beli Ketan Bakar Bambu, Wanita Ini Temukan Kadal MatiFoto: Istimewa

Khao Lam merupakan salah satu jenis kue tradisional Thailand. Cara membuatnya sebenarnya tak beda jauh dengan nasi jaha Manado atau lamang khas Minang. Beras ketan dan santan dimasak dalam bilah bambu yang dilapisi daun pisang hingga matang. Kemudian didinginkan dan dipotong-potong. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com