Peneliti Anjurkan Konsumsi Makanan Enak Ini Untuk Tingkatkan Libido

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 06 Jan 2019 10:15 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sejak dulu makanan dipercaya bisa tingkatkan gairah seksual karena kandungan nutrisinya. Karenanya perlu dikonsumsi rutin.

Gairah seksual tidak selalu stabil. Banyak orang justru alami fluktuasi libido. Sekitar 50 persen wanita menderita masalah intim, termasuk kehilangan gairah dan tak bisa orgasme. Sementara itu, seperlima pria juga berjuang untuk tingkatkan dorongan seksual.

Cokelat Hingga Alpukat Bisa Meningkatkan Gairah Seksual WanitaFoto: Thinkstock

Untuk meningkatkan libido, Anda bisa menikmati beberapa makanan sehat. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat melepaskan dopamin, bahan kimia perasaan bahagia yang bisa berpengaruh pada pusat kesenangan di otak.

Baca juga: Jika Sering Dikonsumsi, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Libido Pria Menurun

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome menemukan bahwa mengonsumsi 40 gram dark chocolate setiap hari selama dua minggu. Ini dapat mengurangi kakdar hormon stres kortisol.

Selain itu, tingginya tekanan darah juga akan berdampak pada kesehatan seksual. Hipertensi adalah faktor risiko untuk disfungsi ereksi.

Studi lain yang diterbitkan dalam South African Journal of Clinical Nutrition sepakat bahwa makan cokelat bisa memberikan manfaat lebih. Para peneliti menemukan bahwa ini dapat membantu pelepasan serotonin dalam tubuh. Zat ini juga dianggap sebagai zat afrodisiak karena berefek dapat tingkakan suasana hati serta penghilang rasa stres.

Cokelat Hingga Alpukat Bisa Meningkatkan Gairah Seksual WanitaFoto: Istimewa

"Stres, kegelisahan dan kelelahan bisa sangat melelahkan dan dapat berdampak besar pada kebahagiaan termasuk gairah seks Anda," demikian kesimpulan penelitian.

Berikut ini ada lima makanan yang dapat meningkatan libido:

1. Ikan yang mengandung protein dan omega 3 dapat membantu meningkatkan dopamin kimia ke otak.
2. Alpukat buah yang tinggi akan vitamin B6 yang dapat menyeimbangkan hormon.
3. Wine, selain meningkatkan daya ingat tapi juga dapat meningkatkan hasrat seksual.
4. Biji labu yang tinggi zinc dapat membantu produksi hormon testoteron.
5. Rumput laut yang mengandung zinc juga dibutuhkan untuk tubuh.

Baca juga: 4 Makanan Ini Bereputasi sebagai Pemicu Libido yang Baik (lus/odi)