Pesta BBQ Tahun Baru

Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai Wajan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 31 Des 2018 14:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru
Jakarta - Pesta BBQ tak melulu harus pakai bara api arang. Kalau mau praktis bisa manfaatkan wajan atau teflon di rumah.

Malas bakar sate di atas api arang? Anda tetap bisa bikin sajian enak menggunakan grill pan atau wajan panggang. Biasanya wajan ini terbuat dari besi baja dengan bagian dasar bergelombang sehingga mencegah makanan cepat gosong.

Untuk memanfaatkannya mudah, cukup olesi wajan dengan sedikit minyak atau mentega sebelum menaruh bahan makanan. Dengan wajan ini, Anda bisa bikin ayam panggang, steak, hingga salmon panggang.

1. Steak

Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai WajanFoto: iStock

Membuat beef steak di rumah tak perlu menyiapkan banyak alat dan bahan. Yang terpenting memakai potongan daging berkualitas, bisa pilih yang banyak lemak atau tidak. Sebagai bumbunya, daging cukup ditaburi garam dan lada.

Potongan daging lalu bisa dimasak di atas wajan dengan sedikit minyak atau lemak. Disarankan memakai minyak zaitun atau canola. Chef Afit dari Holycow! Steakhouse Hotel mengungkap tipsnya. "Rata-rata untuk tingkat kematangan medium, memanggangnya tidak lebih dari 8 menit untuk daging sapi sekitar 300 gram."

Baca Juga: Mau Bikin Beefsteak Sendiri ? Ikuti Teknik 'Resting' Ini Agar Lebih Empuk

2. Salmon panggang

Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai WajanFoto: iStock

Salmon panggang juga bisa jadi ide santapan spesial tahun baru. Mengolahnya sangat mudah dan praktis. Cukup siapkan fillet salmon segar, garam, dan lada hitam secukupnya.

Masak salmon dengan teknik pan-seared di atas wajan berdasar tebal. Cara ini memungkinkan kulit salmon renyah namun atasnya masih lembut dan juicy. Untuk membuatnya, panaskan wajan dengan sedikit minyak dan garam.

Selanjutnya masukkan fillet salmon dengan bagian kulit yang lmenghadap keb wajan terlebih dahulu, tekan dengan spatula. Cara ini dilakukan agar ikan tidak melengkung dan tetap lurus seperti saat masih mentah. Panggang sekitar 3 menit untuk bagian beralas kulit ini dan lebih sebentar untuk bagian daging salmon.

Baca Juga: Ini Trik Masak Salmon Agar Rasanya Gurih Juicy

3. Ayam panggang

Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai WajanFoto: iStock

Kalau mau olahan ayam, bisa coba bikin ayam panggang di atas wajan. Supaya dagingnya tetap gurih dan juicy, masak ayam bersama kulitnya. Saat dimasak dalam wajan, hadapkan bagian berkulit ke bawah. Lemak yang lumer akan membuat daging ayam jadi juicy dan enak.

Bumbunya antara lain mentega, daun thyme, merica bubuk, dan minyak sayur. Setelah matang, ayam panggang pas disajikan dengan mixed green salad plus perasan jeruk lemon dan minyak olive. Resep lengkapnya ada di bawah sini.

Baca Juga: Ayam Bisa Juga Dipanggang Dalam Wajan, Ini Caranya Menurut Chef Revo

4. Sate sapi

Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai WajanFoto: dok. detikFood

Olahan sapi lain yang tak kalah enak untuk pesta tahun baru adalah sate sapi. Supaya makin istimewa bisa ditambahkan bumbu mustard. Selanjutnya sate hanya perlu dipanggang di atas wajan datar.

Bahan untuk membuat sate sapi antara lain daging has dalam, pasta mustard, gula pasir, bawang putih, merica bubuk, bumbu kari, dan garam. Pelengkapnya green salad yang renyah segar. Kalau mau bikin, yuk contek resepnya!

Baca Juga: Resep Daging: Sate Sapi Bumbu Mustard

5. Udang bakar

Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai WajanFoto: iStock

Selalu diburu saat pesta BBQ, olahan udang bakar praktis juga bisa dibuat di wajan. Agar lebih mantap, pilih udang galah atau jerbung yang ukurannya sedang atau besar. Pastikan udang dalam keadaan segar saat dibeli.

Sebelum membakar udang, Anda bisa siapkan bumbu halus dan pelengkapnya. Racikannya ada kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, cabe rawit, kemiri, dan lada. Untuk pelengkapnya, daun jeruk, daun salam, serai, dan garam. Tumis bumbu halus bersama pelengkapnya.

Sementara itu, goreng udang setengah matang. Selanjutnya masukkan udang ke dalam tumisan bumbu. Bisa diungkep lama kalau mau bumbunya lebih meresap. Untuk mengolahnya, bakar udang di atas wajan berapi kecil yang sudah diolesi margarin. Bakar sebentar saja sampai aroma harumnya tercium.

Baca Juga: 5 Tips Bikin BBQ Udang, Cumi, dan Kerang yang Empuk Juicy


Tak Ada Panggangan? Bikin Saja Ayam Panggang hingga Sate Sapi Pakai Wajan
(adr/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru