Ini Trik Masak Salmon Agar Rasanya Gurih Juicy

Devi Setya Lestari - detikFood Jumat, 01 Des 2017 17:17 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ikan salmon dikenal sebagai raja ikan karena nutrisinya. Untuk mengolahnya perlu trik khusus agar rasanya tetap gurih enak.

Terlihat gampang, tetapi jika tak tahu triknya ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega 3 ini bisa jadi keras dan kering teksturnya. Seperti ikan lainnya ikan salmon tak perlu waktu lama dan suhu tinggi untuk mematangkan.

Dilansir dari Fox News (28/11) masih banyak orang yang belum tahu bagaimana teknik mengolah salmon yang benar agar rasanya selezat hidangan restoran. Kebanyakan orang memasak salmon hingga matang, padahal cara ini salah.

Buat apa mengeluarkan banyak uang untuk membeli salmon berkualitas sementara Anda belum tahu cara mengolah yang benar. Untuk mendapatkan rasa salmon yang sempurna, ikan berdaging oranye ini tidak perlu dimasak hingga benar-benar matang.

Baca Juga : Pencinta Salmon Sebaiknya Tahu Fakta Soal Salmon Ini

Ini Trik Masak Salmon Agar Rasanya Gurih JuicyFoto: iStock

Ikan salmon atau jenis ikan lain yang mengandung lemak tinggi akan mengeluarkan rasa gurih yang lezat ketika diolah dengan teknik pan-seared. Teknik memasak seperti ini membuat kulit dan permukaan salmon renyah.

Tidak perlu waktu lama untuk mengolah salmon dengan teknik ini, cukup masak ikan sampai bagian permukaan dagingnya berwarna merah muda pucat namun bagian dalamnya masih tampak transparan. Jika disandingkan dengan steak maka tingkat kematangan yang sempurna adalah medium hingga medium rare. Salmon tidak perlu dimasak sampai kering karena justru akan terasa sempurna saat masih bertekstur juicy dan sedikit berair.

Siapkan ikan salmon segar, pastikan ikan sudah dalam suhu ruang. Kemudian panaskan wajan berdasar tebal, tuang sedikit minyak dan garam. Masukkan ikan dengan bagian kulit yang menyentuh wajan terlebih dahulu, tekan dengan spatula. Cara ini dilakukan agar ikan tidak melengkung dan tetap lurus seperti saat masih mentah.

Ini Trik Masak Salmon Agar Rasanya Gurih JuicyFoto: iStock

Bagian kulit ikan yang terkena panas membantu menjaga daging salmon yang lembut agar tidak hancur dan rusak ketika terkena panas langsung. Sama halnya seperti memasak steak, saat memasak salmon juga membutuhkan waktu tertentu.

Bagian salmon yang terlapisi kulit setidaknya membutuhkan waktu sekira 3 menit. Perhatikan perubahan warna daging, jika sudah berubah menjadi kecoklatan maka segera angkat dari wajan. Bagian daging salmon yang tidak terlapisi kulit bisa dimasak dalam waktu yang lebih singkat.

Pastikan Anda tidak memasaknya hingga terlalu matang. Agar rasanya makin mantap, hidangkan salmon dengan saus favorit Anda. Selamat mencoba! (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com